bjb

300 Koperasi Di Kota Tasik Tidak Aktif

JABARNEWS | KOTA TASIKMALAYA – Sebanyak 300 koperasi di Kota Tasikmalaya tidak aktif. Berdasarkan data di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kota Tasikmalaya, koperasi yang ada di wilayah itu sebanyak 671.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil serta Menengah, Firmansyah, mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan ke Kementerian Koperasi dan UKM agar koperasi yang tidak aktif itu dihapus.

"Usulan penghapusan itu sangat wajar. Sebab, koperasi-koperasi ini tak mengadakan RAT selama tiga tahun. Padahal, RAT ini merupakan pasal wajib yang tak bisa ditawar-tawar,” katanya.

Dikatakannya, selain karena sistem manajerial jelek, koperasi yang tidak aktif itu juga tidak melakukan inovasi usaha. Masih banyak koperasi di Kota Tasik yang masih terpaku dan mengandalkan pola usaha simpan pinjam semata.

"Masalah modal juga menjadi soal. Tapi kami terus memberikan pembinaan di sisi manajerial dan pengembangan bisnis. Bahkan Pemkot juga telah berikan bantuan dana. Namun hal itu kembali ke tiap koperasinya, ada niat untuk maju atau tidak,” katanya. (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi