300 Koperasi Di Kota Tasik Tidak Aktif

JABARNEWS | KOTA TASIKMALAYA – Sebanyak 300 koperasi di Kota Tasikmalaya tidak aktif. Berdasarkan data di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kota Tasikmalaya, koperasi yang ada di wilayah itu sebanyak 671.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil serta Menengah, Firmansyah, mengatakan, pihaknya sudah mengusulkan ke Kementerian Koperasi dan UKM agar koperasi yang tidak aktif itu dihapus.

Baca Juga:  Begini Cara Dekorasi Kamar Bayi Agar Merasa Nyaman

“Usulan penghapusan itu sangat wajar. Sebab, koperasi-koperasi ini tak mengadakan RAT selama tiga tahun. Padahal, RAT ini merupakan pasal wajib yang tak bisa ditawar-tawar,” katanya.

Baca Juga:  Gara-gara Tsunami Selat Sunda, Objek Wisata Galunggung Dipadati Pengunjung

Dikatakannya, selain karena sistem manajerial jelek, koperasi yang tidak aktif itu juga tidak melakukan inovasi usaha. Masih banyak koperasi di Kota Tasik yang masih terpaku dan mengandalkan pola usaha simpan pinjam semata.

“Masalah modal juga menjadi soal. Tapi kami terus memberikan pembinaan di sisi manajerial dan pengembangan bisnis. Bahkan Pemkot juga telah berikan bantuan dana. Namun hal itu kembali ke tiap koperasinya, ada niat untuk maju atau tidak,” katanya. (Yud)

Baca Juga:  Hadir di STQH ke XVII, Ini Harapan Anne Ratna Mustika

Jabarnews | Berita Jawa Barat