Inilah Cara Cek Kesehatan Hanya Dengan 4 Jengkal Tangan

JABARNEWS | BANDUNG – Diabetes melitus menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat dunia dan hal tersebut diungkapkan dalam hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) beberapa tahun yang lalu. Jumlah penderitanya pun kian bertambah dari waktu ke waktu. Faktanya, salah satu faktor risiko diabetes adalah kelebihan berat badan dan obesitas. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apakah Anda termasuk kelebihan berat badan, atau bahkan obesitas.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memperkirakan risiko obesitas adalah dengan mengukur lingkar pinggang ideal menggunakan jengkal tangan Anda. Bagaimana caranya? Simak di sini!

Terdapat berbagai faktor risiko yang dapat memicu timbulnya diabetes, di antaranya yaitu usia, kehamilan, stres, konsumsi obat-obatan tertentu, riwayat keluarga, kolesterol tinggi, dan obesitas.

Dilansir dari laman Obesity Society, penyebab diabetes tipe 2 yang paling umum adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Hampir 90 persen orang dengan diabetes tipe 2 juga mengalami obesitas, terutama jika Anda memiliki kelebihan berat badan di sekitar perut (obesitas sentral).

Baca Juga:  Bermain Sambil Berkunjung Ke Tempat Wisata Air Terjun Cilutung Majalengka

Hal itu terjadi karena orang dengan obesitas memberikan tekanan berlebih pada tubuhnya untuk menghasilkan insulin guna mengatur gula darahnya. Karena itulah, mereka cenderung terkena diabetes.

Obesitas sentral atau obesitas abdominal (yang lebih awam dikenal dengan perut buncit atau perut gendut) adalah kumpulan lemak berlebih di daerah perut (abdominal). Obesitas sentral ini memiliki risiko 7 kali lebih besar menyebabkan diabetes.

Masalahnya, berat badan saja tidak bisa dijadikan patokan obesitas sentral karena banyak orang dengan berat badan yang tampak normal tapi perutnya buncit, sehingga berisiko obesitas sentral serta diabetes. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan seberapa besar timbunan lemak yang ada di perut Anda. Bagaimana caranya?

Untuk mendeteksi kesehatan sebagian besar membutuhkan alat-alat tertentu, contohnya timbangan untuk mengukur berat badan, kaliper untuk mengukur lemak tubuh, atau pita ukur untuk mengukur lingkar pinggang.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki alat-alat tersebut, namun ada satu cara yang bisa Anda coba dalam memperkirakan apakah linggar pinggang ideal atau tidak. Anda dapat mengukur hanya dengan menggunakan tangan Anda.

Baca Juga:  Piala Thomas, Indonesia Bantai Kanada 5-0

Meskipun dapat mengukurnya dengan menggunakan tangan Anda, penting dicatat bahwa teknik ini keakuratannya masih diteliti oleh para ahli, sehingga saat ini belum bisa dijadikan metode pengukuran yang 100% tepat.

Namun, cara mudah ini tentu sangat membantu Anda mewaspadai risiko obesitas dan diabetes sejak dini. Ukuran jengkal tangan orang dewasa adalah sekitar 20-25 cm. Maka, 4 jengkal diperkirakan setara dengan 80-90 cm. Nah, cara ini bisa Anda gunakan untuk mendeteksi kemungkinan obesitas sentral pada diri Anda.

Bagaimana cara mengukur lingkar pinggang dengan 4 jengkal tangan? Berdirilah dengan tegak dan bernapas seperti biasa, lalu ukur lingkar pinggang Anda sejajar dengan pusar menggunakan jengkal tangan, mulai dari depan atau belakang. Jika lingkar pinggang Anda melebihi 4 jengkal, maka Anda kemungkinan termasuk kategori obesitas sentral.

Ukuran lingkar pinggang ideal untuk wanita adalah kurang dari 80 cm, sedangkan untuk laki-laki tidak lebih dari 90 cm. Apabila hasil pengukuran lingkar pinggang lebih dari angka tersebut, maka ada kemungkinan Anda punya perut buncit atau obesitas sentral.

Baca Juga:  Lima Sholat Sunnah Ini, Cocok Dilakukan Saat Bulan Ramadhan

Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, lebih baik gunakan pita ukur untuk mengetahui angka pasti lingkar pinggang Anda. Pasalnya, ukuran tangan setiap orang berbeda-beda sehingga kemungkinan memberikan hasil yang berbeda-beda pula. Setelah Anda melakukan cek kesehatan dengan teknik 4 jengkal tangan dan ternyata hasilnya yaitu Anda berisiko, segera pastikan lagi dengan menggunakan pita ukur untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Anda juga bisa cek lingkar pinggang ideal bagi Anda dengan cara periksa ke dokter. Selain penting sebagai langkah pencegahan obesitas dan diabetes, dokter pun bisa memberikan saran perubahan gaya hidup atau pengobatan tertentu, jika memang diperlukan. Dengan mewaspadai berbagai risiko kesehatan dan rutin periksa ke dokter, Anda bisa menjalani hidup enak tanpa kekhawatiran berlebih. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Hellosehat

Jabarnews | Berita Jawa Barat