bjb

Finlandia, Negara Dengan Peringkat Teratas Perihal Minum Kopi Terbanyak

JABARNEWS | BANDUNG - Dijuluki sebagai Negeri Seribu Danau, Finlandia merupakan negara dengan peminum kopi terbanyak. Kebiasaan minum kopi orang Finlandia yang besar-besaran ini tak hanya muncul begitu saja, ada beberapa faktor yang menyebabkan begitu gilanya masyarakat di seluruh Finlandia dalam mengonsumsi kopi, di antaranya yaitu:
1. Rata-rata orang finlandia mengonsumsi 12 kg kopi dalam setahun
Finlandia memang menjadi negara dengan peringkat teratas perihal minum kopi terbanyak. Bahkan Italia pun terkalahkan dengan cukup telak. Menurut International Coffee Organisation yang dilansir dari situs Independent.co.uk, rata-rata orang Finlandia mengonsumsi 12 kg kopi dalam setahun. Itu sama dengan rata-rata 10 cangkir perhari untuk satu orang.
2. Budaya minum kopi dan menyajikan kopi untuk setiap tamu
Kebiasaan minum kopi yang masif ini hadir karena beberapa faktor. Faktor berikutnya tentu saja melibatkan budaya dan kebiasaan. Menurut Samuli Ronkanen pemilik dari Helsinki’s Good Life Coffee masyarakat Finlandia selalu harus meminum kopi yang disajikan tuan rumah saat mereka berkunjung ke rumah teman atau keluarga. Menolak minum kopi karena alasan apa pun akan dianggap tidak sopan. Jadi meskipun kamu sudah meminum bercangkir kopi tapi saat berkunjung menyeduhkan kopi untukmu kopi itu harus kamu habiskan.
3. Iklim dan cuaca dingin sepanjang tahun
Tak hanya faktor budaya yang sudah ada secara turun temurun, faktor iklim dan cuaca juga menjadi salah satu sumber penting yang memengaruhi budaya minum kopi masyarakat Finlandia. Di Finlandia sendiri sepanjang tahun udara akan sangat dingin dan gelap. Untuk tetap hangat, masyarakatnya membutuhkan minuman yang hangat. Sedangkan di sini mereka tidak bisa mengonsumsi alkohol sepanjang waktu. Jadi, dengan meminum kopi yang dipilih sebagai alternatif cara untuk menghangatkan tubuh.
4. Pekerja Finlandia mendapatkan dua kali jatah coffee break setiap hari
Tak hanya faktor cuaca, pemerintah juga memberikan andil perihal budaya minum kopi di Finlandia. Seperti yang disampaikan oleh Mikaela Gervard sang barista yang pernah mendapat peringkat kedua dalam 2016 World Barista Championships, “Di sini biasanya para pekerja mendapatkan dua kali jatah coffee break masing-masing 10 menit. Dan itu berlaku secara hukum.”
5. Setiap kedai kopi menyangrai biji kopi sendiri
Di Finlandia banyak kedai kopi yang sekaligus menyangrai biji kopi mereka sendiri. Orang Finlandia mendamba kopi-kopi enak setiap waktu. Mereka minum kopi tanpa melihat jam dan gemar menikmati kopi dengan beragam cara seduh. Di Finlandia sendiri sudah bertebaran kedai kopi Gelombang Ketiga yang masing-masing kedainya menyajikan kopi dengan sungguh-sungguh karena masyarakatnya rata-rata cukup ahli dalam menikmati kopi yang sesungguhnya.
Nah, itulah tadi beberapa fakta menarik tetntang negara Finlandia yang memiliki peminum kopi terbanyak. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. (Fin)
Sumber artikel ini diambil dari IDN Times
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait