Tak Hanya Untuk Kaum Pria, Ini 10 Khasiat Taoge Bagi Para Wanita

JABARNEWS | BANDUNG – Anda pasti sudah tak asing lagi dengan sayuran bernama taoge. Di kawasan Asia, termasuk Indonesia, taoge dibuat dari kacang hijau. Meski ada pula taoge yang terbuat dari kacang kedelai. Umumnya, proses kacang menjadi taoge diperlukan waktu sekitar satu minggu. Selain murah dan mudah didapat di mana saja, taoge juga memiliki rasa yang enak dan cocok diolah menjadi makanan seperti tumis, lumpia basah, atau isian gehu.

Seperti kita ketahui bahwa taoge dapat membuat kesuburan pria semakin meningkat. Maka tak heran banyak pria yang gemar memakan taoge sebagai upaya untuk meningkatkan kesuburan. Namun tahukah Anda bahwa ternyata taoge memiliki manfaat yang tak kalah luar biasa bagi para wanita?

Tanaman kecambah tersebut selain terkenal dapat meningkatkan kesuburan, juga mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh, di antaranya: vitamin B, C, B1, B6, K, A, zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, mangan, dan asam lemak omega 3. Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat dari berbagai vitamin dan zat yang terkandung dalam taoge, di antaranya:

1. Mencegah Kanker Payudara

Menurut sebuah penelitian, taoge dapat membunuh bibit kanker leukemia, usus besar dan pankreas karena mengandung canavanine. Canavanine merupakan salah satu zat yang dibutuhkn untuk menyusun asam amino arginin. Selain itu, serat yang terdapat pada taoge juga berguna untuk membersihkan racun yang terdapat pada tubuh. Salah satu zat yang terkandung dalam taoge adalah vitamin E, yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang bisa memicu penyakit kanker, khususnya kanker payudara pada wanita.

Baca Juga:  Pengakuan Sule yang Rindu Bikin Nunung Ngompol

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Taoge mengandung zat bernama saponin yang berfungsi untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh, yaitu dengan cara meningkatkan aktivitas sel-sel darah secara alami. Jika kekebalan tubuhmu terjaga, Anda pun tidak akan gampang sakit dan bisa menjalani aktifitas dengan penuh semangat.

3. Sebagai Perawatan Kulit Dari Dalam

Anda pasti tahu bahwa vitamin E itu bagus untuk kecantikan kulit bukan? Kabar baiknya, kandungan vitamin E dalam taoge cukup banyak, sehingga jika Anda rutin mengonsumsi taoge, maka sudah jelas kulit akan menjadi lebih halus, kenyal, lembap, dan terhindar dari masalah kulit seperti kulit kering.

4. Mencegah Gangguan Menstruasi

Menstruasi Anda tidak lancar? Coba untuk memperbanyak konsumsi air putih dan makanan sehat seperti buah dan sayur. Disamping itu, taoge pun merupakan salah satu sayuran yang dapat membantu melancarkan menstruasi. Ini karena kandungan antiosidan dalam taoge yang dapat membantu melancarkan peredaran darah, sehingga menstruasi pun menjadi lebih lancar dan teratur.

5. Membantu Merawat Kuku Dan Rambut

Selain bagus untuk kulit, vitamin E dalam taoge pun baik untuk menjaga kesehatan kuku dan rambut. Jika Anda rutin mengkonsumsi taoge dalam jangka panjang, maka kuku akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah dan rambutmu pun akan terhindar dari kerontokan.

Baca Juga:  Soal Wacana Poros Partai Islam, PKS Jabar: Itu Biasa Dinamika

6. Mencegah Keguguran

Taoge merupakan salah sayuran yang dipercaya bisa mencegah keguguran saat hamil. Hal ini disebabkan karena taoge mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu stabilitas tubuh ibu hamil.

7. Mengatur Kadar Gula

Sekitar 4 % dari ibu hamil mengalami diabetes, untuk mengatasi hal ini Anda bisa menjadikan taoge sebagai sayuran alternatif guna mengatur kadar gula di dalam darah. Taoge mengandung kalori yang rendah, dengan kalori yang rendah maka hal itu dapat mengatur berat badan ibu hamil. Selain itu, taoge juga mengandung lesitin yang dapat membantu menjaga hati Anda agar terhindar dari penumpukan lemak sehingga mengganggu kerja hati dan terhindar dari penyakit liver.

8. Menghindari Cacat Mental

Taoge mengandung asam folat yang baik untuk proses pembentukan DNA pada janin sehingga mencegah anak terlahir dengan cacat mental. Selain itu, karena taoge berasal dari biji-bijian, di mana hal ini adalah asupan yang baik untuk mencegah bayi terlahir cacat fisik.

9. Membantu Pembentukan Tulang Dan Janin

Manfaat kalsium bagi ibu hamil sangat penting karena berguna untuk membantu penyempurnaan pembentukan tulang dan otot. Taoge mengandung asam amino yang membantu memenuhi kebutuhan untuk proses pembentukan tulang, memperbarui jaringan atau sel pada otot. Selain itu, protein yang terkandung pada taoge juga bermanfaat agar ibu hamil tidak kekurangan kalsium. Tak hanya bermanfaat pada janin untuk pembentukan tulang pada janin, kandungan estrogen alami yang terdapat pada taoge juga berfungsi sebagai pencegah osteoporosis pada ibu hamil. Seperti diketahui, karena wanita mengalami menstruasi setiap bulannya, hal tersebut menyebabkan tubuhnya banyak kehilangan kalsium. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan mengonsumsi taoge untuk menambah cadangan kalsium pada tubuh.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Bersilaturahmi ke Sultan Hamengku Buwono X di Keraton Yogyakarta

10. Mencegah Anemia

Taoge mengandung asam folat yang baik untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah terjadinya anemia. Kekurangan sel darah merah pada ibu hamil berakibat berkurangnya produksi oksigen pada tubuh karena sel darah merah berfungsi sebagai pengangkut oksigen. Melemahnya daya pikir anak, salah satu akibat yang ditimbulkan dari kekurangan oksigen saat hamil.

Perlu diketahui, walaupun taoge memiliki banyak manfaat, Anda juga harus mengetahui efek yang ditimbulkan ketika berlebihan mengonsumsinya. Bagi seseorang yang alergi terhadap kecambah sebaiknya Anda tidak mengonsumsi kecambah karena dapat mempermudah virus lainnya menyerang tubuh, selain itu kecambah alfalfa mengandung racun L-cavanine yang dapat mengakibatkan pembesaran pada limfa karena mengurangi sel-sel darah pada tubuh.

Selain itu, hindari konsumsi taoge mentah. Masaklah taoge hingga benar-benar matang yang ditandai dengan air mendidih. Penting diperhatikan, taoge mentah sama sekali tidak boleh dikonsumsi anak-anak, wanita hamil, lanjut usia, dan orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah.

Itulah tadi beragam manfaat taoge bagi para wanita. Semoga informasi di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari IDN Times

Jabarnews | Berita Jawa Barat