aqua

Anda Sulit Hamil? Mungkin Ini 6 Penyebabnya

JABARNEWS | BANDUNG - Seperti kita ketahui bersama bahwa memiliki anak setelah menikah tentu saja menjadi dambaan semua pasangan suami istri (pasutri). Namun kesempatan memiliki momongan segera setelah menikah ternyata tidak selalu dialami oleh semua pasutri. Bagi wanita, sulit hamil dan mendapat keturunan merupakan salah satu permasalasan yang kerap disampaikan, terutama ketika sepasang suami istri berkonsultasi ke dokter. Berdasarkan data, kasus serupa ditemukan pada setidaknya 12% pasangan berusia produktif di antara 15-44 tahun. Sayangnya kebanyakan pasangan ini tidak tahu persis apa yang melatarbelakangi kondisi mereka. Padahal, jika penyebabnya semakin dibiarkan maka akan semakin jauh pula potensi kehamilan bisa terjadi.

Sepasang suami istri dianggap memiliki gangguan kesuburan ketika sudah 1 tahun berhubungan rutin, tidak menggunakan kontrasepsi, namun sang istri belum juga hamil. Di balik permasalahan ini, ada banyak hal yang mungkin melatarbelakangi. Berikut di bawah ini adalah hal yang paling sering terjadi, di antaranya:



1. Berhubungan Tidak Pada Masa Subur

Perhitungan waktu yang tepat untuk berhubungan intim adalah salah satu kunci agar wanita cepat hamil. Lakukanlah hubungan ini di saat wanita sedang masa subur. Di masa ini, sel telur yang telah matang dilepaskan dari indung telur atau ovarium dan siap untuk dibuahi. Bila siklus haid seorang wanita teratur, masa subur dapat diperkirakan terjadi 14 hari menjelang haid berikutnya. Berhubungan intim pada masa ini sangat berpotensi membuahkan kehamilan yang sudah lama dinantikan. Sayangnya, masa subur hanya berlangsung singkat. Bila masa ini sudah terlewati, sel telur bisa jadi sudah siap luruh bersamaan dengan siklus menstruasi.

2. Adanya Endometriosis
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi