aqua

Anda Sulit Hamil? Mungkin Ini 6 Penyebabnya

Kerap mengalami nyeri haid dan kemudian sulit hamil? Waspada, jangan-jangan endometriosis penyebabnya. Endometriosis merupakan penyakit dimana sel-sel rahim tumbuh di luar rahim. Misalnya di perbatasan antara rahim dan saluran cerna. Salah satu tandanya adalah nyeri haid. Faktanya, sebanyak 50 persen wanita dengan endometriosis mengalami kesulitan untuk hamil. Namun, dengan pengobatan yang tepat, endometriosis dapat efektif diatasi dan angka keberhasilan kehamilanpun semakin tinggi dimiliki.

3. Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)



Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) merupakan gangguan akibat ketidakseimbangan hormon yang cukup sering menyebabkan seorang wanita sulit hamil. Normalnya, seorang wanita memiliki sel telur yang setiap bulannya matang dan dikeluarkan ke saluran tuba untuk kemudian dibuahi oleh sel sperma. Pada wanita dengan PCOS, sel telur ini dikelilingi kista yang membuatnya sulit matang, sulit dilepaskan atau bahkan tidak berkembang sama sekali. Hal ini tentunya akan semakin menghambat proses pembuahan dan salah satu faktor risiko PCOS adalah obesitas. Oleh karena itu, menjaga berat badan normal dan pola hidup sehat adalah hal-hal yang harus Anda lakukan agar Anda cepat hamil.

4. Sumbatan Saluran Telur

Sumbatan saluran telur juga dapat menjadi salah satu penyebab seorang wanita sulit hamil. Sumbatan ini dapat diakibatkan oleh adanya peradangan rongga panggul, riwayat usus buntu yang pecah, riwayat infeksi menular seksual dan riwayat operasi besar di area perut sebelumnya. Untuk mengobatinya diperlukan pengobatan khusus agar saluran ini kembali terbuka dan sel telur dapat dilepaskan untuk kemudian dibuahi sel sperma.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi