bjb
itcbet

Ini Sebabnya Wanita Lebih Mudah Terkena Alzheimer Dibandingkan Pria

JABARNEWS | BANDUNG - Tak sedikit kaum pria yang terkena penyakit yang satu ini. Alzheimer adalah kumpulan gejala akibat kematian sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan yang dapat berakibat otak tampak mengerut dan mengecil. Selama ini Alzheimer identik sebagai penyakit yang menyerang orang tua. Saat ini risiko terjadinya Alzheimer meningkat seiring bertambahnya usia.

Umumnya seorang dapat terkena Alzheimer mulai usia 60 tahun. Gejala awalnya adalah gampang lupa hal-hal yang sering dilakukan dan hal-hal baru. Penderita juga mengalami disorientasi waktu dan kesulitan dalam fungsi kognitif kompleks seperti matematika atau aktivitas organisasi. Untuk menentukan adanya demensia atau pikun pada seseorang, diperlukan konfirmasi dengan tes neuropsikologi. Gejalanya termasuk adanya gangguan daya ingat dan kognitif.



Seseorang yang mempunyai riwayat keluarga Alzheimer, maka memiliki risiko tinggi mengidap penyakit tersebut. Kemungkinannya bisa semakin meningkat apabila kedua orang tuanya juga mengidap penyakit yang sama. Namun baru-baru ini, sebuah penelitian menyebut bahwa ternyata wanita lebih rentan terkena Alzheimer.

Dilansir dari BBC, sebuah penelitian terbaru mengisyaratkan selama 20 tahun terakhir, kasus demensia secara keseluruhan turun sebanyak 20 persen. Hal ini didorong sebagian besar oleh penurunan Alzheimer yang dialami pria di atas 65 tahun.Namun, tidak demikian halnya dengan wanita.
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

SEREMONIA







Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi