Debit Air Waduk Jadigede Terus Menyusut

JABARNEWS | SUMEDANG – Musim kemarau ini, tinggi muka air Waduk Jatigede terus turun sepanjang.

Hingga saat ini tinggi muka air waduk berada di posisi elevasi 245.10 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Disampaikan Staff Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Yuyu Wahyudin, penurunan muka air waduk sangat wajar terjadi. Jelasnya debit air yang masuk ke perairan waduk saat ini hanya 12 meter kubik/detik. Sedangkan debit air yang dikeluarkan dari waduk sekitar 65.25 meter kubik/detik.

Baca Juga:  Yana: Persatuan dan Kesatuan Kunci Wujudkan Negara Maju dan Kondusif

“Ini diakibatkan oleh debit air yang masuk ke Waduk Jatigede sangat rendah berkisar 12 – 15 m3/detik, sedangkan kebutuhan air yang ada di hilir bendungan mencapai 65 s/d 70 m3/detik yakni, untuk berbagai kebutuhan, baik itu irigasi ataupun kebutuhan air baku. Jadi pasti terjadi penurunan yang lumayan cepat, sebab selisih air yang masuk (ke waduk) dengan air yang keluar sangat jauh,” ujar Yuyu, Selasa (17/7/2018) dikutip dari kabarpriangan.co.id.

Baca Juga:  PMII Jabar Mengecam Tindakan Represif Aparat di Pamekasan

Menurutnya kondisi ini memang merupakan pola operasi waduk. Pengaturan tentang pelepasan debit dari suatu bendungan mengikuti pola operasi dari waduk itu sendiri, disesuaikan dengan kondisi hidrologi di DAS, sehingga setiap bendungan mempunyai karakter dan pola operasi yang berbeda-beda.

Ia menambahkan, dari data hasil pengamatan, hingga 17 Juli 2018 pada pukul 07.00, muka air waduk, ada pada posisi 245.10 mdpl. Kemudian volume air waduk, 484,509,217.65 meter kubik atau 49.54 persen. Sementara itu luas genangan hingga kini sekitar 2,666.920 hektar atau 67.47 persen.

Baca Juga:  Ditinggal Salat Idul Adha, Rumah Tukang Cilok di Ciamis Ludes Dilalap Si Jago Merah

Lebih jauh Yuyu mengatakan, jika melihat kondisi cuaca, tinggi muka air waduk akan sampai pada posisi elevasi 239 mdpl. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat