bjb

Rekonsiliasi

Akhir Cerita

Pemilu kepala daerah serentak yang telah dilaksanakan 27 Juni 2018, diseluruh penjuru Indonesia, menghasilkan sebuah drama politik, bagaimana tidak, total sebanyak 171 daerah menjadi saksi, panasnya pertarungan politik antar politisi. Terbaru pada tanggal 8 Juli 2018, sudah dimulainya penetapan dari komisi pemilihan umum daerah masing-masing, untuk mengesahkan hasil pemilu, sebagai langkah awal, bergulirnya tongkat estafet kepemimpinan daerah, kepada orang yang memenangi pemilu, sebagai mandataris rakyat, dengan dalih vox populi vox dei, suara Tuhan adalah suara rakyat.



Pemilu merupakan cara berdasarkan konstitusional, dalam mendapatkan, mempertahankan, bahkan merebut kekuasaan, karena rakyatlah yang menentukan langsung, sehingga dapat dimaklum, penyelenggaraan pemilu memang penuh dengan intrik politik, drama yang tidak hentinya dikonsumsi oleh publik. Hakikat pemilu merupakan media pendidikan politik masyarakat, yang pada akhirnya berusaha mewujudkan masyarakat Indonesia yang baik dan cerdas, to be a good and smart citizenship, warga negara yang paham akan hak dan kewajibanya.

Penyelenggaraan demokrasi memang harus diiringi dengan kecerdasan masyarakat, karena demokrasi akan berkualitas jika masyarakatya cerdas dan berkecukupan, dengan begitu maka praktik seperti politik uang, kampanye hitam, tidak akan mempengaruhi esensi dari penyelenggaraan pemilu, yang wajib hukumnya menghasilkan pemimpin yang inovatif, bertanggung jawab, bahkan mampu mewujudkan kesejahteraan sosial bagi masyarakatnya.
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

SEREMONIA







Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi