7 Bulan, 34 Kebakaran Terjadi Di Cimahi

JABARNEWS | CIMAHI – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cimahi dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi mencatat peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Cimahi sudah mencapai 34 kejadian.

Kasatpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Dadan Darmawan, mengatakan, jumlah kejadian kebakaran tersebut tercatat sejak Januari hingga pertengahan Juli 2018.

Baca Juga:  Waspada! Ini Penyakit Berbahaya Bergejala Kesemutan Dibagian Tangan

“Untuk total penanggulangan kebakaran yang ditangani Damkar Kota Cimahi mencapai 40 kejadian,” ujarnya di Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi, dikutip Tribun Jabar, Rabu (18/7/2018).

Ia mengatakan, penyebab banyaknya kebakaran tersebut itu biasanya karena arus pendek listrik, konsleting listrik, tabung gas dan pembakaran sampah.

Untuk mengantisipasi musibah kebakaran khususnya musim kemarau ini, pihaknya sudah melakukan sosialisasi terhadap masyarakat perihal ancaman kebakaran saat musim kemarau.

Baca Juga:  Ridwan Kamil: Pencemaran Sungai Citarum Jadi Masalah Utama di Jabar

“Kami juga menghimbau agar masyarakat selalu waspada dalam penggunaan api. Himbauan supaya masayarakat hati-hati. Misalkan menghindari pembakaran sampah,” katanya.

Menurutnya, saat musim kemarau biasanya wilayah yang paling rentan terjadinya kebakaran yakni di pemukiman padat dan daerah lahan kosong yang banyak tumbuhan kering.

Baca Juga:  Dihujat Warganet, Lilis Karlina Langsung Menonaktifkan Kolom Komentar Instagramnya

“Biasanya dipicu seperti anak-anak main api, puntung rokok, angin kencang sehingga potensi kebakarannya lebih besar,” kata Dadan.

Untuk melayani masyarakat jika terjadi kebakaran. Lanjut Dadan, Damkar Kota Cimahi stanby, satu regu 15 personel untuk setiap harinya.(Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat