Pilihan Sekda Kota Bandung, Berlabuh Pada Asda Kota Cimahi

JABARNEWS | BANDUNG – Sesuai janjinya, Jumat (20/7/2018), Wali Kota Bandung mengumumkan sosok yang bakal menjadi Sekertaris Daerah Kota Bandung mendatang.

Dari tiga besar hasil seleksi terpilih tiga nama, yakni Kepala Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Kota Bandung Ema Sumarna, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Salman Fauzi, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Cimahi, Benny Bachtiar.

Wali Kota Bandung saat ini Ridwan Kamil dan Wali Kota terpilih Oded M Danial melabuhkan pilihannya pada Benny Bachtiar. Diakui Ridwan Kamil nama Benny telah diajukan ke Kementerian Dalam Negeri.

“Jadi saya sudah menerima tiga nama dari Sekda itu, kemudian sudah dilakukan kajian lanjutan, sudah berdiskusi dengan mang Oded berkali-kali sebagai calon yang akan menggunakan Sekda ini selama 5 tahun kedapan. Dan hari ini saya umumkan secara fair dan adil hasil musyawarah maka calon Sekda kota Bandung yang akan diajukan ke Kementrian Dalam Negeri untuk proses selanjutnya adalah bapak Beny Bachtiar mantan asisten daerah di kota Cimiahi,” tegas Emil usai menghadiri acara puncak Hari Koperasi ke-71 Kota Bandung di Graha Manggala Siliwangi, Jumat sore.

Baca Juga:  Pantau Dampak PPKM di Kota Bandung dan Cimahi, Farhan Soroti Pemberdayaan Posyandu

Pertimbangannya sendiri kata Gubernur terpilih ini sangat banyak sekali kalau dibahas. Namun intinya semua tiga besar itu baik.

“Pak Ema sangat baik, pak Salman juga sangat baik, pak Benny juga sangat baik. Tapi dari hasil wawancara dan kajian, yang dibutuhkan lima tahun kedepan oleh kota Bandung dan juga masukan dari pak Oded sebagai walikota terpilih dan saya juga menyetujui, memang sosok pak Benny Bachtiar yang dibutuhkan 5 tahun kedepan,” papar Emil.

Baca Juga:  Proyek Pembuatan Konten Masjid Al Jabbar Rp14,5 Miliar Muncul Saat Ridwan Kamil Jadi Gubernur Jawa Barat

Ditanya apakah bermasalah jika Sekda terpilih bukan dari lingkungan Pemkot Bandung. Emil menegaskan tidak masalah.

“Gak, silahkan selidiki sudah biasa dalam dunia kebirokrasian, siapapun yang terpilih dari mana saja akan beradaptasi maksimal untuk kepentingan tempat kerjanya yang baru, kami meyakini itu. Ditambah saya sebagai gubernur akan membimbing sekda baru ini dari Gedung Sate untuk memastikan prestasi-prestasi pak Yossi (sekda terdahulu) yang luar biasa selama ini bisa dipertahankan oleh sekda baru,” tandasnya.

Baca Juga:  Hingga Maret 2019 Ditargetkan 24 Ribu Hektare Ditanami Padi Di Purwakarta

Selain pengumuman Sekda, Emil pun mengumumkan beberapa pejabat eselon II yang kini jabatanya masih kosong, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Petanahan dan Pertamanan semula Arief Prasetya kini dijabat oleh Dadang Darmawan semula menjabat Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan (Bagumpal).

Kemudian untuk Kepala Badan Kepegawaian Daerah semula Evi S Saleha kini dijabat Yayan A Berliana semula menjabat Kepala Bagian Humas (Kabag Humas) dan untuk Inspektorat semula Koswara kini oleh Fajar Kurniawan semula menjabat Camat Cicendo,

“Itu pejabat-pejabat baru yang hari senin akan diproses di tingkat nasional,” tutup Emil mengakhiri wawancara. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat