bjb

Lindungi Kulit Dari Paparan Sinar UV Dengan Makanan Sehat Ini

JABARNEWS | BANDUNG - Seperti kita ketahui bahwa sinar matahari kaya akan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. Akan tetapi jika terlalu lama terkena paparan sinar matahari langsung, maka kulit akan menjadi rusak dan terbakar. Buruknya lagi, paparan sinar matahari bisa saja berisiko kanker kulit. Maka dari itu, menggunakan sunscreen menjadi salah satu upaya untuk pencegahan kanker kulit. Namun menggunakkan sunscreen saja tidaklah cukup, Anda perlu memberikan perlindugan ekstra agar kulit tak mengalami sunburn dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu.

Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat menjadi booster perlindungan kulit, di anataranya yaitu:

Almond
Almond merupakan jenis kacang-kacangan yang dipercaya dapat mencegah sunburn. Sebagai salah satu sumber vitamin E terbaik, almond bekerja sebagai anti-oksidan dan sunscreen alami. Selain itu, almond juga mengandung quercetin yang dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV. kamu dapat mengonsumsi almond secara langsung atau bisa juga yang telah diolah menjadi susu dan minyak.

Greek Yoghurt
Greek yoghurt sudah terkenal karena memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mulai dari mengatasi masalah pencernaan, hingga masalah kelebihan berat badan. Tak hanya itu saja, Greek yoghurt ternyata juga diketahui juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kandungan probiotik pada Greek yoghurt dapat memperbaiki kulit kita yang rusak akibat paparan sinar UV. Jika kulit sudah terlanjur terbakar, kamu hanya perlu mengaplikasikan Greek yoghurt secara langsung ke bagian kulit yang kemerahan untuk mengurangi rasa perih yang ditimbulkan.

Teh Hijau
Kandungan senyawa katekin pada teh hijau bersifat sebagai anti-oksidan yang mampu melindungi kulit dari sunburn dan menghindarinya dari kerusakan jangka panjang akibat radiasi sinar UV. Selain itu, teh hijau juga mengandung asam tannic yang dapat meredakan peradangan kulit akibat terbakar panasnya sinar matahari. Untuk mendapatkan perlindungan secara maksimal, kamu dapat meminum 2 cangkir teh hijau setiap harinya.

Kunyit
Kunyit merupakan jenis rempah-rempahan yang telah lama dikenal punya banyak manfaat kesehatan. Kandungan anti-oksidan dan beberapa senyawa yang terdapat di dalamnya bersifat sebagai anti inflamasi mengatasi sunburn. Beberapa penelitian bahkan telah membuktikan bahwa kunyit dapat melindungi sel kulit epidermis dari kerusakan yang disebabkan oleh radiasi sinar UVB. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu dapat mengonsumsi kunyit dalam bentuk jamu, smoothie, atau teh. Selain dikonsumsi, kamu juga bisa membubuhkan kunyit yang telah dihaluskan dengan yogurt pada bagian kulit yang terbakar.

Buah dan Sayuran Berwarna Pekat
Semakin pekat warna sayur dan buah, tandanya semakin banyak pula anti-oksidan yang terkandung di dalamnya. Seperti yang telah kita ketahui, anti-oksidan mampu melawan radikal bebas di tubuh yang disebabkan oleh efek buruk sinar UV. Beberapa jenis buah dan sayuran berwarna pekat yang direkomendasikan para ahli antara lain berry, plum, semangka, terung, kacang merah, dan juga paprika. Selain itu, sayuran dan buah-buahan yang berwarna pekat juga kaya akan lycopene yang dapat menetralisir radikal bebas yang tercipta akibat paparan sinar matahari.

Itulah tadi beberapa jenis makanan yang dapat melindungi Kulit Anda dari paparan sinar matahari yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Semoga informasi di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Vemale

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi