bjb

Minum Air Putih Campur Baking Soda Dapat Turunkan Berat Badan, Benarkah?

JABARNEWS | BANDUNG - Seperti kita ketahui bahwa ada banyak cara untuk bisa menurunkan berat badan dan salah satu yang paling umum para wanita lakukan adalah dengan menjalani program diet dan olahraga teratur. Diet dan olahraga pun ada banyak macam dan metodenya. Namun pasti tak ada yang berpikir dan mengira bahwa ada yang mencoba diet dengan minum baking soda bukan?

Dilansir dari Women's Health, beberapa blog Amerika mengklaim bahwa baking soda bisa mempercepat penurunan berat badan meski tak ada bukti ilmiah yang mendukung pernyataan ini.

Seperti dikatakan Rachele Pojednic, Ph.D, asisten profesor nutrisi di Simmons College, Amerika Serikat, "Baking soda adalah senyawa kimia bernama sodium bikarbonat, yang mana penggunaannya secara medis adalah sebagai antasida."

Antasida sendiri merupakan zat yang bersifat alkali, fungsinya dapat menetralkan asam lambung. Bahkan bisa mengurangi gangguan pencernaan seperti gejala mual dan perih pada dinding lambung.

Ketika mencampurkan baking soda dengan air putih, maka baking soda akan bereaksi dengan asam lambung sehingga membentuk garam, air, dan karbon dioksida. Oleh karena itu, baking soda bisa menimbulkan efek menenangkan dan nyaman di perut.

Dijelaskan Rachele Pojednic, "Ph asam pada lambung akan menjadi lebih rendah sehingga bisa mencerna protein lebih awal. Namun ketika protein (atau lemak) yang dikonsumsi lebih banyak, maka sel gastrik di dalam lambung juga akan mengeluarkan asam tambahan untuk menguraikan makanan tadi." Dengan kata lain, tidak ada efeknya.

Dalam keadaan sehat, asam lambung tidak akan membahayakan dan justru punya fungsi penting mencerna makanan. Ketika minum larutan baking soda, itu hanya akan membuat perut nyaman, tidak akan berpengaruh pada penurunan berat badan. Karena bagaimana pun, baking soda tidak bisa mengurangi jumlah kalori pada makanan.

Itulah tadi sedikit penjelasaan mengenai meminum baking soda untuk menurunkan berat badan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, salah satunya adalah dengan mengurangi asupan kalori pada makanan. Jadi, meminum baking soda tidak akan membuat berat Anda turun. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambi dari Vemale

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi