bjb

Piala AFF U-16 2018, Timnas U-16 Indonesia Siap Tempur

JABARNEWS | JAKARTA - Dalam hitungan hari, timnas U-16 Indonesia akan segera memulai kiprahnya di Piala AFF U-16 2018. Garuda Asia akan menjalani laga perdananya pada Minggu (29/7/2018) melawan Filipina di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Pelatih timnas U-16, Fakhri Husaini, memastikan jika anak asuhnya sudah siap tempur jelang laga perdana tersebut.

Secara fisik, taktik, teknik dan juga mental dari David Maulana dan kawan-kawan sudah siap untuk berlaga di Piala AFF U-16.

“Kalau dilihat dari periodesasi latihan, kami sudah masuk ke periodesasi khusus. Artinya sudah mulai persiapan ke pertandingan sesungguhnya. Materi latihan kami adalah latihan taktik yang sudah sangat spesifik,” tutur Fakhri, Rabu (25/7/2018) dikutip BolaSport.com.

Dari beberapa kali laga uji coba, Fakhri pun mengaku sudah menemukan pakem bermain timnas U-16.

Formasi 4-3-3 yang selama ini jadi andalan tetap dipertahankan. Sementara itu, Fakhri juga mempersiapkan formasi 4-5-1 sebagai variasi.

Tidak hanya formasi, pelatih berusia 52 tahun juga mengaku sudah tahu siapa saja yang akan tampil sejak menit awal dan jadi pelapis.

“Formasi dan gambaran siapa yang jadi pemain inti dan pelapisnya sudah ada gambaran. Kami juga siapkan semuanya dari taktik menyerang, bertahan, transisi, dan termasuk juga untuk set piece, baik itu free kick maupun corner kick,” ujarnya.

Fakhri yakin tidak ada masalah yang krusial yang bisa mengganggu timnya. Tugas beratnya adalah mematangkan mental bertanding para pemain.

Sebab, mereka akan menyandang status sebagai tuan rumah dan mendapat dukungan penuh penonton.

Berkaca pada timnas U-19 Indonesia, Fakhri menilai dukungan penonton bakal sama antusiasmenya.

Kondisi tersebut bisa jadi keuntungan bagi timnas U-16. Tapi, di sisi lain itu juga bisa jadi bumerang jika tidak disikapi dengan mental yang tepat.

“Harus diingat bahwa pemain ini masih 16 tahun. Kami harus siap menghadapi keinginan penonton yang begitu besar. Cara mengelola sikap mentalnya harus tepat. Ini yang harus kami perhatikan betul dan pasti tidak akan mudah,” katanya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

 
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi