Dinyatakan Menang, Ini Komentar Calon Bupati Bandung Barat Terpilih

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Rapat pleno terbuka KPU Kabupaten Bandung Barat (KBB) memutuskan pasangan calon bupati dan wakil bupati KBB nomor urut tiga, Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan (Akur) sebagai pemenang Pilkada KBB 2018, Rabu (25/7/2018).

Pasangan Akur menang telak dengan selisih mencapai 20% atas dua pasangan calon lainnya, yakni Doddy Imron Cholid- Pupu Sari Rohayati (Kado) di posisi kedua dan Elin Suharliah-Maman S Sunjaya(Emas) di posisi ketiga.

Pada rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih bupati dan wakil bupati KBB 2018 ini dihadiri oleh ketua dan komisioner KPU KBB. Tampak hadir Pj Bupati KBB Dadang M Masoem, Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, serta bupati dan wakil bupati terpilih Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan.

Baca Juga:  7 Cara Meningkatkan Penjualan Melalui WhatsApp

Sementara paslon Elin-Maman (Emas) dan Doddy- Pupu (Kado) tidak hadir dan hanya diwakili oleh tim suksesnya masing-masing. Ketua KPU KBB Iing Nurdin menyebutkan, penetapan bupati dan wakil bupati terpilih ini setelah tidak ada gugatan dari paslon yang kalah dan telah ditetapkan oleh MK.

Oleh karena itu usai dinyatakan secara resmi menjadi pemenang maka Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan tinggal menunggu proses pelantikan. Dirinya berharap paslon terpilih bisa mewujudkan janjijanji kampanyenya seperti saat disampaikan pada tiga kali debat yang dilakukan.

“Kami ucapkan selamat kepada paslon terpilih dan semoga dapat menjadi bupati bersama masyarakat KBB. Ucapan terima kasih juga diucapkan kepada masyarakat KBB dan semua pihak yang telah menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak 2018,” ucapnya, dikutip Pojok Jabar.

Baca Juga:  Kode Redeem CODM 26 Juli 2022, Menangkan Hadiah Menarik Dari Garena

Iing menjelaskan, dari total jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.158.564 angka partisipasi pemilihnya mencapai 77,8%. Secara keseluruhan paslon nomor urut satu Elin Suharliah-Maman S Sunjaya (Emas) meraih 194.936 suara, nomor dua Doddy Imron Cholid-Pupu Sari Rohayati (Kado) 250.627 suara dan paslon nomor tiga Aa Umbara Sutisna-Hengky Kurniawan (Akur) meraih 420.137 suara.

Dengan jumlah suara syah ada 865.700 dan suara tidak syah 36.854. Bupati terpilih Aa Umbara Sutisna mengatakan, terima kasih kepada semua pihak dan tim yang telah menyukseskan paslon Akur.

Dia pun menyampaikan selamat kepada KPU KBB yang berhasil meningkatkan angka partisipasi pemilih hingga mencapai 77,8% atau naik dari pilkada sebelumnya yang hanya 74%.

Baca Juga:  Pelatih Asing Pun Terimbas Melemahnya Rupiah

“Layaknya kompetisi, ketika sudah ditetapkan sebagai pemenang, pesta selesai dan ucapan selamat diterima, maka kini Akur adalah milik semua masyarakat KBB. Kami juga siap berkerja sama dengan semua pihak untuk memajukan KBB lima tahun ke depan,” tandasnya.

Seperti diketahui pada Pilkada KBB 2018 diikuti oleh sebanyak tiga pasangan calon. Yakni pasangan Elin-Maman yang didukung oleh PDIP (12 kursi), PPP (5), dan PKB (4), Perindo dan Berkarya, pasangan Sari Rohayati yang didukung oleh Golkar (6), Hanura (4), dan Gerindra (5). Kemudian pasangan Aa Umbara Sutisna- Hengky Kurniawan didukung Partai Demokrat (4 kursi), PAN (3), PKS (4), PKPI (1), dan Nas-Dem (2). (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat