bjb
itcbet

Kemarau, Warga Tasikmalaya Kesulitan Cari Air Bersih

Sedangkan untuk minum, warga terpaksa membeli. "Sebagian warga harus beli ke tukang air keliling. Harganya Rp 5.000 per galon," paparnya.

Kekeringan juga ditemukan di wilayah Kota Tasikmalaya. Sebagian besar warga yang hidup di kota kesulitan mendapatkan air. Nana, salah seorang warga Kampung Ciatal, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya mengaku kewalahan dengan kondisi kekeringan tersebut.



Salah satu cara yang dilakukan yakni dengan memperdalam sumur bor. "Saya sudah menggali selama lima hari hingga kedalaman delapan meter, namun air belum juga ada," kata Nana sambil terus melakukan pengerukan dasar sumur.

Apalagi, warga di Kampung Ciatal dan Cikadu belum teraliri PDAM. Akibatnya, warga kesulitan mencari air saat kemarau tiba. Aliran sungai yang berada di perkampungan pun ikut surut. Sawah-sawah yang seharusnya bisa panen tiga kali dalam setahun hanya mampu dipanen sebanyak dua kali akibat kekeringan.

"Harapan warga di sini, supaya diperhatikan pemerintah. Kami sudah bertahun-tahun kalau musim kemarau pasti enggak ada air. Kalau bisa air dari PDAM bisa dirasakan oleh warga di sini," kata dia. (Yud)

Jabarnews | Berita Jabar
Halaman sebelumnya
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi