bjb

Manfaat Mengkonsumsi Rumput Laut Saat Hamil

JABARNEWS | BANDUNG - Tak hanya menjaga kesehatan dengan tidak banyak beraktivitas berat, ibu hamil pun wajib untuk memperhatikan asupan makanan dan nutrisi setiap harinya. Termasuk memilih manakah makanan yang dapat mendukung kehamilan dan manakah yang tidak, karena bagaimana pun, tidak semua makanan sehat dapat mendukung kehamilan. Salah satu makanan yang dapat dimasukkan kedalam daftar makanan bernutrisi untuk ibu hamil adalah rumput laut.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat sehat yang akan didapat oleh para ibu hamil dengan mengkonsumsi rumput laut, di antaranya:

Asam Folat
Rumput laut juga memiliki kandungan asam folat yang menjadi kebutuhan utama ibu hamil. Asam folat dibutuhkan untuk menunjang pembentukan sel-sel saraf janin, sel-sel darah merah sehat, serta mencegah kelainan perkembangan susunan saraf bayi. Serat rumput laut juga efektif menjaga pencernaan ibu hamil yang sering bermasalah.

Yodium
Rumput laut mengandung yodium tinggi yang dibutuhkan ibu hamil dan perkembangan janin sehat, karena kekurangan yodium bisa bermasalah pada perkembangan tulang bayi. Bukan hanya itu, mencukupi kebutuhan yodium juga baik untuk fungsi tiroid sehat pada ibu, menjaga fungsi metabolisme dan produksi hormon. Konsumsi rumput laut lebih baik ketimbang garam yang berisiko menyebabkan tekanan darah tinggi.

Vitamin K
Ibu hamil butuh semua macam vitamin, termasuk vitamin K yang fungsinya mengoptimalkan pembentukan tulang oleh kalsium dan menjaga kesehatan proses penggumpalan darah sehingga tidak mengalami pendarahan berkepanjangan. Rumput laut bisa memenuhi kebutuhan vitamin K pada ibu hamil, cukup makan satu mangkuk kecil setiap hari.

Vitamin B12
Sama halnya dengan asam folat, vitamin B12 yang berperan mendukung pembentukan dan perkembangan sel saraf janin, serta membantu produksi sel-sel darah merah. Asupan vitamin B12 juga bisa mencegah terjadinya anemia selama kehamilan.

Itulah tadi beberapa manfaat sehat yang akan didapat oleh para ibu hamil dengan mengkonsumsi rumput laut. Rumput laut memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan tentunya tidak merugikan ibu hamil, baik untuk mendukung kesehatan ibu maupun perkembangan janin di dalam kandungan. Jadi, jangan ragu masukkan rumput laut ke dalam daftar menu makanan wajib selama hamil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Vemale

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi