Inilah 5 Manfaat Rutin Melakukan Senam Hamil

JABARNEWS | BANDUNG – Kita ketahui bahwa mempersiapkan persalinan memang sangatlah penting dan salah satu agar proses persalinan dapat berjalan dengan lancar adalah denga rutin melakukan senam hamil. Latihan senam hamil ini dapat menjadi alternatif olahraga yang tepat bagi ibu hamil. Selain mengoptimalkan proses persalinan, senam hamil juga membantu stamina selama masa kehamilan.

Berikut di bawah ini adalah 5 manfaat senam hamil bagi ibu hamil yang wajib untuk diketahui, di antaranya ialah:

1. Menjaga Ibu Hamil Lebih Sehat

Gerakan dalam senam hamil yang terdiri dari kombinasi antara latihan pernafasan, otot jantung, relaksasi dan fleksibilitas dapat menjaga stamina, berat badan, dan mengurangi kesulitan tidur.

Baca Juga:  Wow.. Buku Pelajaran SD di Garut Hampir 1 Juta Rupiah

2. Mengurangi Rasa Tidak Nyaman

Ketika hamil tentunya akan merasa tidak nyaman karena perut yang semakin besar. Latihan peregangan atau stretching dapat meredakan nyeri punggung, berjalan-jalan dapat meningkatkan sirkulasi darah, dan berenang dapat memperkuat otot perut.

3. Meredakan Stres

Senam hamil dapat membantu meningkatkan kadar hormon serotonin yang meningkatkan mood ibu hamil. Selain itu, senam hamil juga dapat membantu untuk meningkatkan rasa percaya diri sehingga terhindar dari stres.

Baca Juga:  Tunggu ACC Gubernur, Sekda Kota Bandung Masih Plh.

4. Mengurangi Gangguan Tidur

Tak dapat dipungkiri bahwa ibu hamil akan lebih sulit untuk tidur. Maka dengan melakukan senam hamil, masalah gangguan tidur pun akan berkurang dan Anda akan merasa lebih tenang, relaks sehingga dapat memiliki kualitas tidur yang baik.

5. Membantu Melancarkan Proses Melahirkan

Senam hamil akan membantu melancarkan sirkulasi darah, sehingga dapat membantu otot menjadi lebih kuat, sehingga pada saat melahirkan nanti tidak akan mengalami banyak kram dan merasakan sakit.

Baca Juga:  JK: Jangan Beli Rokok Atau Kebutuhan Dari Dana Bantuan

Demikianlah tadi beberapa manfaat senam hamil bagi ibu hamil yang wajib untuk diketahui. Bagaimana? Apakah Anda sudah tidak ragu lagi untuk rutin melakukan senam hamil? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Vemale

Jabarnews | Berita Jawa Barat