aqua

Deputi Gubernur Bank Indonesia Resmikan BI Corner di Ponpes Al Falah Kab. Bandung

JABAR NEWS | KAB. BANDUNG - Sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak secara nasional yakni 46,5 juta orang dan 98% jumlah penduduknya beragama islam, Provinsi Jawa Barat (Jabar) memiliki jumlah faktor sumber daya manusia yang sangat potensial untuk dikembangkan dan diarahkan menjadi sumber daya insani penggerak utama pengembangan ekonomi ekonomi syariah di Indonesia. Selain itu, Jabar merupakan provinsi dengan jumlah terbanyak di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Rosmaya Hadi saat meresmikan Program BI Corner di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, sebagai program BI Corner pertama dilingkungan Ponpes, Jum'at (16/06/2017).



"Berdasarkan data dari Kemenag RI tahun 2016, total jumlah pesantren di Indonesia sebanyak 28.961 pesantren, dimana 32% atau 9.167 dari total tersebut berlokasi di Jabar," kata Rosmaya.

Rosmaya menjelaskan, hasil penelitian yang dilakukan oleh pihak BI melalui KPw BI Jabar bekerjasama dengan Center for Islamic Economic Studies (CIES) terhadap 51 Ponpes di Jabar yang memiliki jumlah santri diatas 500 orang menunjukan bahwa, Ponpes di Jabar memiliki potensi yang dapat dijadikan sebagai lembaga ekonomi alternatif dalam pemberdayaan masyarakat pesantren berbasis ekonomi syariah.

"Sementara itu, berdasarkan hasil kajian BI, setidaknya ada lima peta permasalahan utama dalam pengembangan dan keuangan syariah di Indonesia," tuturnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi