Catat Siklus Menstruasi Anda, Karena Inilah Manfaatnya

JABARNEWS | BANDUNG – Kita ketahui bahwa menstruasi pada wanita normal biasanya memiliki siklus yang berbeda-beda yaitu antara 21 hingga 35 hari. Namun apabila dirata-rata, maka siklus menstruasi kebanyakan wanita adalah sekitar 28 hari.

Untuk dapat menghitung siklus haid atau menstruasi, Anda harus terlebih dahulu mengetahui apakah menstruasi Anda teratur atau tidak. Jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur, maka Anda dapat menghitung siklus menstruasi minimal selama 3 bulan.

Ciri-ciri siklus menstruasi normal :

  • Siklus haid pada wanita memang berbeda-beda. Akan tetapi normalnya rentang siklus haid adalah antara 21 sampai 35 hari.
  • Normal atau tidaknya haid bisa dilihat dari jumlah darah haid yang dikeluarkan. Pada haid wanita normal akan mengeluarkan darah sekitar 10 hingga 80 ml perharinya.
  • Warna darah haid yang normal yaitu berwarna terang atau ada pula yang berwarna kecoklatan.
  • Tidak terdapat gumpalan pada darah haid.

Meski datangnya menstruasi dapat maju atau mundur satu atau dua hari, ketika sudah tahu tanggal menstruasi jadi tidak repot. Nah, dilansir dari Times of India, Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan jika tahu kapan menstruasi datang, di antaranya:

Meningkatkan Kehidupan Bercinta Suami Istri

Dalam minggu kedua atau ketiga siklus menstruasi, kadar testosteron dan estrogen wanita akan meningkat sehingga mudah mencapai klimaks yang intens. Jadi waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk membangun suasana romantis di dalam kamar.

Agar Bisa Lebih Sehat Dan Bugar

Pada minggu kedua setelah menstruasi usai, meningkatnya estrogen dalam tubuh akan memberi banyak energi saat berolahraga. Tubuhmu akan bisa lebih membakar semua lemak jahat dan kalori. Wah jadi makin langsing deh!

Jadi Lebih Produktif

Dengan mengetahui masa-masa periodemu, Anda akan lebih produktif saat bekerja. Menurut dokter Harper, wanita cenderung merasa lebih produktif selama 2 minggu periode bulanan.

Membantu Mengetahui Masa Subur

Jika Anda berencana untuk hamil, maka hal ini akan sangat membantu. Sebagian besar wanita akan mencapai puncak masa subur antara 12 sampai 16 hari sebelum menstruasi.

Demikianlah tadi beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda mencatat siklus menstruasi. Semoga informasi di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Vemale

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  PPKM Level 4 Diperpanjang, Bupati Purwakarta: Harus Kita Terapkan Sesuai Keputusan Pusat