bjb

Tips Hilangkan Jerawat Dengan Petroleum Jelly

JABARNEWS | BANDUNG - Anda tentunya sudah tak asing dengan produk petroleum jelly bukan? Produk ini dipercaya mampu mengatasi beberapa masalah kulit, salah satunya adalah jerawat. Lalu bagaimana caranya menghilangkan jerawat dengan menggunakan petroleum jelly? Simak ulasannya berikut ini.

Petroleum jelly atau petrolatum adalah campuran setengah padat hidrokarbon dan terbagi menjadi empat bagian, yaitu alami, buatan, turunan dan sintetis. Petrolatum alami diperoleh dari pemurnian minyak tanah (petroleum) untuk menghilangkan bau dan mengubah warna. Proses pemurnian ini dilakukan dengan menghilangkan warna kuning pada minyak tanah sehingga berubah menjadi putih.

Pada umumnya, petrolatum memiliki wujud putih-bening dari parafin dan berminyak. Petrolatum putih dimanfaatkan untuk melembapkan kulit. Penggunaan pelembap kulit dapat membantu atasi kondisi kulit kering, khususnya yang mengalami eksim atau dermatitis. Sebagian besar kondisi kulit kering bisa disebabkan oleh faktor lingkungan, seperti:

  • Hidup di area dengan tingkat kelembapan yang rendah

  • Berada di cuaca yang sangat panas atau dingin

  • Efek berendam lama di air panas.


Adapun manfaat petroleum jelly untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit, antara lain:

  • Berfungsi melembapkan kulit dengan membentuk lapisan minyak yang menghambat terjadinya proses penguapan air pada permukaan kulit sebagai faktor utama penyebab kulit kering.

  • Salep untuk mengurangi gesekan kulit yang bisa membuat kulit lecet. Umumnya sering ditemui pada penderita kelebihan berat badan.

 	
  • Untuk menangani dan mengurangi tingkat keparahan penyakit kulit, seperti eksim atau eksim atopik, yaitu masalah kulit yang ditandai dengan kulit terasa gatal, bersisik, gatal-gatal, dan berwarna kemerahan.


  • Petroleum jelly dianggap aman jika dioleskan pada tubuh bagian luar, namun Anda perlu berhati-hati pada penggunaan di sekitar hidung karena bisa menyebabkan terhirupnya gel atau sebagian substansi lipid ke dalam sistem pernapasan. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, kondisi ini bisa membahayakan karena berisiko menyebabkan gangguan serius pada paru-paru, yaitu pneumonia lipid atau penyakit yang disebabkan adanya timbunan lemak di alveoli yang bisa mengakibatkan nyeri dada, batuk, dan napas pendek.

    Selain itu, petroleum jelly dapat mengatasi jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan produk ini disebut juga dengan slugging. Teknik ini melibatkan pengolesan pelembap oklusif yang berbasis minyak dan sebenarnya tidak melembapkan. Produk ini akan menciptakan penghalang pada kulit untuk menangkap hidrasi dan mencegah air untuk keluar.

    Oleskan petroleum jelly ini setelah pelembap biasa di malam hari untuk mengatasi masalah jerawat di kulitmu. Produk ini akan membuat produk lain seperti serum bekerja dengan lebih efektif. Ini akan membuat kulit memperbaiki dan menyembuhkan diri sendiri dengan lebih baik.

    Itulah tadi sedikit ulasan mengenai petroleum jelly yang mampu mengatasi jerawat. Selain dapat mengatasi jerawat, produk ini ternyata juga bisa membuat komedo naik dengan sendirinya ke permukaan kulit. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengoleskannya pada kulit di malam hari sebelum tidur dan Anda akan mendapati kulit yang lebih halus merata di pagi hari berikutnya. (Fin)

    Sumber artikel ini diambil dari Vemale

    Jabarnews | Berita Jawa Barat
    Tags :
    properti

    berita terkait

    Persib

    Berita Populer

    Berita Terkini

    Mang Jabar

    jabarnews tv

    tag populer

    unduh aplikasi