Hati-Hati, Kebiasaan Membersihkan Miss V Ternyata Dapat Menimbulkan Infeksi

JABARNEWS | BANDUNG – Pada umumnya, banyak para wanita membersihkan miss V dengan sabun, baik sabun khusus kewanitaan atau sabun mandi. Padahal cara tersebut justru berakibat tidak baik untuk kesehatan miss V. Mengapa demikian? Dan bagaimana cara terbaik untuk membersihkan miss V? Simak ulasannya berikut ini.

Semua wanita tentunya ingin memiliki miss V dengan kondisi yang bersih, sehat, dan wangi. Para wanita pun tidak jarang membersihkan miss V dengan bantuan sabun untuk mewujudkan kondisi tersebut. Ada yang menggunakan sabun khusus kewanitaan ada pula yang hanya menggunakan sabun mandi. Namun tahukah kalian bahwa sesungguhnya miss V tidak membutuhkan sabun pembersih apapun?

Faktanya, miss V tidak kotor dan bisa membersihkan dirinya sendiri tanpa bantuan sabun, miss V memproduksi mucus (lendir) yang akan membasuh semua kotoran, darah atau sperma yang tersisa di dalamnya.

Daerah miss V sendiri sebenarnya memiliki pH yang cukup rendah yaitu 3,8 – 4,2 dan bersifat asam. Dengan sering membersihkannya dengan bantuan sabun maka kondisi pH akan berubah sehingga memungkinkan terjadinya infeksi di dalamnya. Sabun mandi saja memiliki pH yang cukup tinggi yaitu sekitar 8 – 10 dan bersifat basa.

Baca Juga:  Wisata Baru di Purwakarta, Kampung Madang Sajikan Keindahan Yang Eksotis

Memang, sabun khusus kewanitaan memiliki pH yang lebih rendah dibandingkan dengan sabun mandi namun penggunaannya harus didasari dengan alasan medis dan adanya resep dari dokter. Jika tidak memiliki masalah kesehatan pada miss V sebaiknya hindari penggunaan sabun.

Dan berikut di bawah ini bagaimana cara terbaik untuk membersihkan miss V, di antaranya:

  1. Perhatikan Cara Membersihkan Saat Setelah BAB atau BAK

    Setelah BAB atau BAK lakukan penyiraman dari depan, kemudian dibersihkan dengan bantuan tangan dengan arah dari depan ke belakang, yaitu dari miss V menuju anus. Hal ini perlu benar – benar diperhatikan karena masih banyak wanita yang membersihkan dengan arah sebaliknya. Jika membersihkan dari arah belakang ke depan dan saat itu masih ada kotoran yang belum bersih maka ditakutkan sisa kotoran tersebut akan terbawa menuju miss V dan memicu timbulnya bakteri dan kuman. Jika memang perlu menggunakan sabun gunakan sabun pada bagian anus saja.
  2. Bersihkan Bagian Luar Saja

    Bagian miss V yang perlu dibersihkan hanya bagian luar saja, yaitu vulva, labira mayora, dan minora. Cukup bersihkan dengan air tanpa sabun. Lalu bagaimana dengan bagian dalam miss V? Bagian dalam miss V sesungguhnya tidak kotor dan akan dibersihkan sendiri oleh miss V dengan bantuan lendir yang diproduksinya. Membersihkan bagian dalam miss V hanya akan merusak flora vagina.
  3. Cukup Disiram, Jangan Disemprot

    Kalau kalian penggemar toilet duduk maka kalian tentu sudah tidak asing dengan semprotan air yang biasa digunakan setelah BAB atau BAK. Nah, jangan gunakan itu saat membersihkan miss V. Ya, membersihkan miss V dengan semprotan air atau biasa dikenal dengan douching memang membuat miss V bersih bahkan bakteri – bakteri baik di dalamnya juga akan ikut dibersihkan. Semprotan yang terlalu keras justru dapat memasukkan kuman ke dalam miss V yang berujung pada timbulnya infeksi. Bayangkan saja jika itu dilakukan saat membersihkan darah menstruasi maka akan semakin banyak kuman dan penyakit yang masuk pada miss V. Jika terpaksa tetap menggunakan alat itu maka kontrol air yang keluar dari semprotan supaya tidak terlalu kencang.
  4. Keringkan Dengan Handuk

    Jadi setelah dibersihkan maka miss V perlu dikeringkan dengan bantuan handuk yang lembut sebelum menggunakan pakaian dalam. Karena kondisi miss V dan daerah sekitarnya yang lembab akan memicu perkembangan bakteri dan kuman. Jangan dikeringkan dengan cara digosok, cukup tempelkan saja dan biarkan handuk meresap sisa – sisa air di sekitar miss V.

Nah, itulah tadi mengapa Anda sebaiknya tidak membersihkan Miss V dengan sabun. Mulai sekarang sayangi miss V kalian dengan tidak menggunakan sabun saat membersihkannya. Selama tidak ada masalah kesehatan, membersihkan miss V dengan air adalah cara yang terbaik. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Beautynesia

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Piala Menpora 2021, Persib Nyatakan Siap Jadi Tuan Rumah