Bikin Nyaman, Inilah 5 Tips Menyusui Saat Produksi ASI Berlebih

JABARNEWS | BANDUNG – Perlu Anda ketahui bahwa saat dalam masa menyusui, produksi ASI yang berlebih ternyata dapat menjadi masalah tersendiri. Secara umum, semakin sering menyusui, maka ibu akan memproduksi lebih banyak ASI. Selama kebutuhan ASI si kecil dapat tercukupi dengan baik, kondisi tersebut mungkin tak jadi masalah. Namun jika produksi ASI sudah sangat berlebihan, maka efeknya pun dapat cukup mengganggu.

Jika produksi ASI berlebih, bayi akan mudah tersedak dan merasa tak nyaman saat menyusu. Ibu pun akan merasa tidak nyaman karena kondisi payudara yang selalu terasa penuh dan ASI yang terus merembes.

Baca Juga:  Polisi Tutup Akses ke Lokasi Wisata di Serdang Bedagai, Ini Alasannya

Oleh karena itu, agar tetap nyaman selama menyusui dengan kondisi produksi ASI yang berlebihan ini, ada beberapa tips yang bisa dicoba, antara lain:

1. Menyusui Dengan “Gaya Koala”

Agar bayi nyaman selama disusui, coba posisikan ia seperti koala. Pangku dan dekap si kecil ke dada, lalu mulai susui dia dengan posisi senyaman mungkin.

2. Susui Dengan Satu Payudara Dalam Satu Waktu Menyusui

Dalam satu waktu menyusui, susui si kecil dengan satu payudara. Nanti di satu waktu menyusui lainnya, bisa susui dengan payudara yang satunya lagi. Jadi jangan berpindah-pindah dalam satu waktu menyusui ya.

Baca Juga:  Jarang Diketahui Fakta Buta Warna yang Menyebar di Masyarakat

3. Perah ASI Sebentar Sebelum Menyusui

Agar ASI yang keluar tidak terlalu deras, perah sebentar ASI sebelum menyusui. Ini bisa dilakukan bila payudara terasa sudah terlalu penuh dan ASI terus merembes.

4. Pijat Aerola Perlahan

Untuk mengendalikan aliran atau suplai ASI, coba pijat aerola secara perlahan. Selain itu perhatikan juga respon bayi ketika menyusui. Bila sudah terlihat terengah-engah saat menyusui, coba hentikan kegiatan menyusui.

5. Gunakan Breast Pads

Agar ASI tidak merembes dan membasahi baju yang dipakai, coba gunakan breast pads. Breast pads merupakan produk yang memiliki bantalan khusus pada permukaannya dan dipasangkan pada payudara saat menyusui. Breast pads untuk menyusui ini biasanya didesain khusus dengan lubang pada bagian puting susu.

Baca Juga:  Proyek Cirebon Power Datangkan Rezeki Bagi Penjahit

Nah, demikianlah tadi beberapa tips yang dapat Anda coba agar tetap nyaman selama menyusui dengan kondisi produksi ASI yang berlebihan. Semoga tips di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. Selmat mencoba. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Bellybelly

Jabarnews | Berita Jawa Barat