Kurangi Angka Pengangguran, Ini Yang Dilakukan Pemkab Sumedang

JABARNEWS | SUMEDANG – Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Disnsosnakertrans) Kabupaten Sumedang menggelar pembinaan dan keterampilan kerja masyarakat, Senin (6/8/2018). Pelatihan yang diikuti 144 orang itu digelar di Gedung Serbaguna UPT Balai Pelatihan Kerja Sumedang, Rancamulya.

’’Program pelatihan ini untuk menghasilkan calon tenaga kerja berpotensi sesuai kebutuhan pasar kerja dan dunia usaha. Sehingga bisa mengurangi angka pengangguran dan dituntut menciptakan lapangan kerja baru,” kata Kadinsosnakertrans Kabupaten Sumedang Dikdik Sadikin seperti dikutip sumedangonline.com.

Penjabat Bupati Sumedang, Sumarwan Hadisoemarto menyambut baik kegiatan tersebut. Dia berharap para peserta yang mengikuti pelatihan harus lebih terampil usai pelatihan dibanding dengan mereka yang belum pelatihan.

Baca Juga:  Yuk Intip Kiat Menjaga Kesehatan Anak di Usia 1-2 tahun

’’Tentu harus beda dengan mereka yang tidak mendapatkan pelatihan. Saya memberikan gambaran, di suatu negara yang mapan, maju itu seharusnya pelaku usahanya itu dua persen dari jumlah penduduk, ’’ tuturnya.

Baca Juga:  Berikut Empat Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Saat di Masjid Kubah Emas Depok

Jadi, kata dia,  kalau penduduk Indonesia ini 250 juta jiwa, maka dua persennya itu harus jadi entrepreneur, pengusaha. Minimal dua persen, Indonesia sekarang baru 0,5 persen. Namun saat ini, skala perbandinga itu belum tercapai.

Baca Juga:  Gedung GGM Bandung Bakal Dilengkapi Penginapan

Karena itu, dia berharap setelah mengikuti pelatihan, para peserta menjadi calon pengusaha baru yang bisa menciptakan satu usaha yang bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan lingkungannya. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat