bjb
itcbet

Hati-Hati, Inilah Dampak Guncangan Gempa Bagi Para Ibu Hamil

JABARNEWS | BANDUNG - Tak hanya meninggalkan trauma dan gangguan kesehatan penduduk di sekitar area, Gempa yang mengguncang wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (5/8/2018) ternyata dapat memengaruhi kondisi ibu hamil dan juga janin dalam kandungan.

Pasca gempa hebat yang pernah terjadi di Chile pada tahun 2005 silam, hubungan efek gempa pada ibu hamil mulai banyak diteliti. Saat itu, gempa berkekuatan 7.8 SR memorakporandakan daerah di sekitar pusat gempa dan 11 orang dinyatakan meninggal serta 200 lainnya menderita luka-luka.



Beberapa bulan setelahnya, pemerintah setempat mencatat adanya peningkatan signifikan pada kelahiran bayi prematur. Tak hanya itu, bayi- bayi yang lahir pun cenderung berbobot rendah. Setelah ditelaah, ternyata bayi- bayi prematur dan berbobot rendah tersebut terlahir dari ibu yang mengalami gempa bumi pada masa kehamilannya.

Ibu hamil yang mengalami gempa bumi disinyalir mengalami stres psikis dan trauma, ringan hingga berat. Stres dan trauma inilah yang akan menyebabkan pelepasan hormon kortikotropin atau hormon “stres” yang berpotensi memicu gangguan kehamilan.
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi