bjb

Nada Suara Akan Berubah Saat Hamil, Ini Penjelasannya

JABARNEWS | BANDUNG - Bagi setiap perempuan, kehamilan merupakan masa yang unik dan juga langka karena selalu ada saja kejadian baru yang belum pernah dirasakannya. Salah satu hal unik yang akan dailami di antaranya ialah kenaikan berat badan yang drastis, ngidam, hingga ada-ada saja ritual aneh agar sang janin bayi dapat selalu sehat dan juga terlahir sempurna.

Namun tak hanya itu saja, sebuah studi dari University of Sussex di Brighton menemukan bahwa nada suara perempuan ternyata dapat berubah setelah melahirkan anak pertamanya. Penelitian didasari banyaknya bukti ilmiah sejak tahun 1970an bahwa para penyanyi perempuan mengalami perubahan suara setelah persalinan. Hal tersebut semakin kuat saat salah satu penyanyi terkenal yaitu Adele, mengaku bahwa suaranya menjadi lebih berat saat masa kehamilan.

Seperti kita ketahui, ketika suara wanita menjadi lebih rendah dan monoton atau disebut vocal masculizing adalah hal yang umum menurut para ahli. Hal ini berdasar pada penelitian yang dilakukan dengan menganalisis 600 suara perempuan dan membaginya menjadi 2 grup yaitu 20 orang ibu dan 20 perempuan berusia matang yang belum pernah melahirkan. Penelitian ini meneliti bagaimana perubahan suara ibu sebelum, selama, dan sesudah hamil selama periode 10 tahun.

Hasilnya pun menunjukkan bahwa kehamilan ternyata memang memiliki efek maskulinisasi bagi perempuan yang bersifat sementara sehingga mempengaruhi perubahan suara mereka. Meskipun belum tahu penyebab spesifiknya, namun ada satu penjelasan bahwa hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormon. Faktanya, setiap perempuan akan berubah suara saat masa subur, ovulasi, dan menopause yang bisa mempengaruhi pita suara dan kontrol suara.

Namun jangan panik dulu wahai para ibu-ibu dan calon ibu, menurut penelitian menyebutkan bahwa suara perempuan dapat kembali pada nada sebelumnya dalam waktu 1 tahun setelah melahirkan.

Demikianlan tadi sedikit ulasan mengenai perubahan suara pada wanita hamil. Jadi, Anda tidak perlu panik kehilangan suara indah karena sudah jelas bahwa perubahan suara saat hamil itu adalah hal yang wajar.

Semoga ulasan dui atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Vemale

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi