bjb

Ada ’Air Ajaib’ Di Mandalare Banjar, Begini Reaksi Warga

JABARNEWS | BANJAR – Perkebunan karet di Bukit Mandalare, Kota Banjar, mendadak disesaki warga. Mereka berdatangan untuk melihat sumber mata air 'Ajaib' yang dianggap ampuh mengobati penyakit. Air itu terletak di Kampung Blok E, Dusun Sirnagalih, Desa Sinartanjung, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Konon, air ajaib ini mampu menyembuhkan berbagai penyakit. Antara lain asma, rematik, gatal-gatal, sakit gigi, sakit perut, dan penyakit lainnya. Hal itulah yang membuat banyak warga berdatangan ke lokasi sumber mata air ajaib.

Bukan hanya dari wilayah Kota Banjar saja, tapi mereka juga datang dari berbagai daerah seperti Bandung, Karawang, Kuningan, Cirebon, Cianjur, bahkan ada yang sengaja datang dari Lombok, Kalimantan, dan Sumatera.

Berdasarakan informasi yang dihimpun di lapangan, sumber mata air itu pertama kali ditemukan seorang pekerja yang sedang menebang pohon karet di kebun tersebut. Secara tak sengaja, alat berat berupa eskavator yang sedang dikemudikannya menggerus sumber mata air tersebut hingga mengeluarkan air.

’’Kemudian, pekerja tersebut mengambilnya untuk cuci muka dan meminumnya. Setelah diminum, badannya menjadi terasa lebih segar dan fit, bahkan sakit giginya langsung sembuh,” kata salah sorang warga setempat yang namanya enggan dikorankan, Senin (06/08/2018).

Selang beberapa hari kemudian, kabar mengenai air ajaib ini menyebar dari mulut ke mulut hingga diunggah ke media sosial. Warga yang penasaran langsung berbondong-bondong mendatangi lokasi yang berada 5 kilometer dari pusat Kota Banjar ini dengan membawa jerigen dan botol kosong.

Siti (49), warga Dusun Rancakole, Desa Mulyasari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, mengaku kalau dirinya sudah tiga kali mengambil air tersebut. Ia rela antre bersama warga lain karena meyakini air yang berasa manis itu dapat menyembuhkan penyakit.

’’Setelah minum air ini, penyakit rhematik saya sembuh dan sekarang saya mengambil lagi untuk diberikan kepada saudara saya yang memiliki penyakit asma,” ujar Siti seperti dikutip harapanrakyat.com.

Hal senada dikatakan Neneng (40), warga setempat. Ia meyakini air itu bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan, dirinya mengaku sudah membuktikannya. Sakit gigi yang selama ini dideritanya kini sembuh setelah meminum air itu.

Selain warga Banjar, ada pula yang datang dari luar daerah. Salah satunya Rojak (52), asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ia mengetahui adanya ’air ajaib’ ini dari media sosial Facebook. Kemudian, ia bersama adiknya jauh-jauh datang ke Kota Banjar demi mengambil ’air ajaib’ untuk ibunya yang tengah mengalami lumpuh.

’’Saya mengambil dua jerigen besar untuk dibawa ke Lombok. Namanya juga ikhtiar, air ini akan saya gunakan untuk mengobati keluarga saya yang sakit, terutama untuk ibu saya yang menderita lumpuh,’’ kata Rojak.

Sementara itu, petugas Babinkamtibmas Desa Sinartanjung, Bripka One Suherman membenarkan, di perkebunan karet di bukit Mandalare terdapat sumber mata air yang diyakini warga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

’’Menurut informasi dari beberapa warga yang telah mengonsumsi air ini, penyakitnya jadi sembuh. Entah itu kebetulan pas sembuh, tapi memang kenyataannya seperti itu,” katanya.

Ia mengimbau kepada warga, jika memerlukan air tersebut harus rela antre karena airnya mengalir kecil. Selain itu, warga juga diingatkan jangan sampai dijadikan hal-hal yang musyrik. Seperti yang terjadi pada malam Jumat Kliwon kemarin, ada warga yang mempersembahkan ‘bakakak ayam’ di lokasi tersebut.

’’Warga menyebutnya ’air berkah Mandalare’, dan sampai sekarang belum ada pengecekan dari petugas laboratorium tentang air yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit ini,” kata One.

Menanggapi hal itu, Walikota Banjar Hj  Ade Uu Sukaesih, menegaskan, air yang berada di bukit Mandalare dan diyakini warga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit tersebut adalah bohong.

’’Tidak ada air ajaib di sini, air tersebut hanya mata air biasa. Di dunia ini air ajaib hanya ada satu, yakni air Zam Zam,” tandasnya.

Walikota meninta supata warga jangan terlalu percaya kepada hal-hal demikian. Menurutnya, kalau pun dapat menyembuhkan berbagai penyakit, itu karena pertolongan dari Allh SWT, Sang Maha Pencipta. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi