Pakan Sulit Dicari, Harga Hewan Kurban Pun Naik

JABARNEWS | SUMEDANG – Sulitnya mencari pakan (rumput) karena tengah kemarau, membuat para peternak hewan kurban kelimpungan. Akibatnya, harga domba mengalami kenaikan sampai Rp.500 ribu.

Salah seorang peternak di Ciamis, Asep Supriatna mengatakan, selama musim kemarau ini ia kesulitan mencari rumput untuk pakan ternaknya, sehingga terpaksa mendatangkan rumput dari daerah lain meski harus mengeluarkan biaya lebih.

Baca Juga:  Datangi Rumah Sakit Al Ihsan, DPRD Minta Dinkes Jabar Optimalkan Anggaran RSUD

“Saya beli tiap karung itu Rp.15 ribu diambil dari Banjar. Kondisi ini sudah beberapa minggu ke belakang. Sebenarnya kalau musim hujan di sini banyak, tapi kan sekarang sedang musim kemarau,” katanya, dikutip dari harapanrakyat.com.

Karena harus mengeluarkan biaya lebih untuk pakan domba yang mencapai Rp.60 ribu tiap harinya secara otomatis harga jual domba pun mengalami kenaikan sampai Rp.500 ribu per ekornya.

Baca Juga:  Soal Kelangkaan Oksigen di RSU Holistik, Bupati Purwakarta Terjunkan Tim

“Harga domba biasanya paling murah Rp.2 juta dan paling mahal Rp.3 juta. Tetapi sekarang jadi Rp.2,5 juta sampai Rp.3,5 juta per ekornya,” jelas Asep.

Pada musim kurban tahun lalu, Asep mengaku mampu menjual 21 ekor domba. Sayangnya, kali ini baru 7 orang yang memesan dari 25 ekor domba tersedia siap dijual.

Baca Juga:  AJI: Ada 10 Pasal RKUHP Ancam Kebebasan Pers

Hal senada disampaikan peternak lainnya Ujang Engkos.

“Biasanya pembeli mulai ramai itu seminggu menjelang Idul Adha. Selain itu, biasanya harga domba juga akan kembali mengalami kenaikan sekitar 10 persen,” imbuhnya. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat