aqua

Pemkot Ingin Perbanyak Kawasan Bebas Sampah Di Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan memaksimalkan keberadaan pasukan Gorong-gorong Bersih (Gober). Nantinya, pasukan ini bukan hanya melakukan bersih-bersih sampah, tapi juga memiliah sampah-sampah dari sumbernya.

’’Kita upayakan masalah sampah ini, selesai di sumbernya. Memang dibutuhkan kemauan. Gober akan diberdayakan memiliki kemauan memilah-milah sampah,’’ kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Bandung, Mohamad Salman Fauzi.



Hal itu diungkapkan Salman saat meninjau kawasan bebas sampah (KBS) di RW 09, Kelurahan Sukaluyu, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Senin (13/8/2018). Selain pengolahan sampah, pihaknya juga akan membuat biodigester berbagai skala untuk pemenugan kebutuhan kewilayahan.

Biodigester adalah suatu sistem yang mempercepat pembusukan bahan organik. Darinya terbentuk biogas dan senyawa-senyawa lain yang dihasilkan melalui pembusukan anaerob. Biogas tersebut dapat digunakan untuk bahan bakar memasak, memanaskan, pembangkit listrik, juga menjalankan mesin.

’’Berdasarkan arahan pak wakil walikota (Oded M Daniel, red), kita berencana membuat biodigester komunal untuk skala RW, kelurahan, dan kecamatan. Kita akan hitung kebutuhannya. Intinya tidak akan sebesar alokasi anggaran dari TPS Ke TPA. Kita alihkan bertahap dengan mengelola sampah tadi,’’ ujar Salman.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi