Hal Dan Kejadian Aneh Yang Konon Ada Di Istana Negara

JABAR NEWS | JURNAL – Istana Negara merupakan tempat yang di sediakan khusus untuk menjadi rumah tinggal bagi seorang Presiden maupun pimpinan negara. Selain digunakan sebagai rumah, Istana Kepresidenan biasanya juga digunakan sebagai pusat pemerintahan sekaligus tempat untuk menjamu tamu-tamu penting negara. Indonesia sendiri memiliki beberpa Istana Negara yang tersebar di pulau Jawa dan Bali. Istana-istana ini diantaranya terletak di Jakarta, Cipanas, Bogor dan juga Tapaksiring Bali.

Istana-istana ini juga dirawat dengan baik hingga masih terjaga dengan baik, meski telah berusia puluhan tahun. Namun karena sudah ada sejak jaman dulu dan merupakan bangunan sisa jaman kolonial. Di balik kemegahanya Istana-istana negara ini, sering kali memberikan kejutan dengan banyaknya kisah mistis yang beredar di sekitarnya.

Nah kisah keanehan istana-istana negara di Indonesia inilah yang akan diceritakan kali ini.

Pecahnya Meja Marmer di Istana Negara

Pecahnya sebuah perabotan yang ada di rumah seringkali dihubungkan dengan pertanda buruk. Hal ini ternyata juga terjadi di Istana negara pada tahun 2012 yang lalu. Saat usai melakukan penandatanganan untuk pengangkatan anggota Watimpres baru oleh Presiden SBY, meja Marmer yang ada di Istana negara tiba-tiba pecah. Hal ini oleh banyak pihak dianggap sebagai pertanda buruk, karena sepanjang sejarah baru pertama kalinya meja Marmer yang ada di Istana negara pecah.

Meja ini pecah seolah ada yang memukulnya dengan keras, saat beberapa orang pegawai Istana berusaha mengangkat meja tersebut tepat seusai penandatangan yang dilaukan oleh Presiden SBY. Peristiwa ini juga membuat Presiden SBY yang baru berjalan beberapa langkah dari meja itu sempat terkejut dan berubah raut mukanya. Meja Marmer ini sendiri merupakan meja yang bersejarah, karena selalu digunakan untuk melakukan penandatangan perjanjian-perjanjian penting atau dalam penangkatan pejabat negara.

Baca Juga:  Lakukan Sidak, Ini Temuan Tim Terpadu Pemkab Purwakarta Di Sejumlah Mini Market dan Swalayan

Legenda Keangkeran Kamar Tidur Bung Karno

Istana Merdeka yang di Jakarta merupakan Istana Negara No.1 Indonesia yang terletak di Jakarta. Istana yang pertama kali dibangun pada tahun 1796 ini, selalu menjadi kediaman utama bagi hampir seluruh Presiden Indonesia sejak era Bung Karno hingga Jokowi saat ini. Bangunan bersejarah ini juga kental dengan nuansa mistis di dalamnya. Banyak cerita tentang tempat-tempat yang dianggap keramat di Istana ini.

Salah satu tempat tersebut adalah kamar yang dulu digunakan oleh Bung Karno semasa menjabat Presiden setelah Indonesia merdeka. Menurut cerita yang beredar di kamar ini sering terjadi kejadian-kejadian mistis. Karena itu selepas Bung Karno lengser, tak ada Presiden yang berani menempati kamar tersebut dan membiarkanya tetap kosong. Sampai akhirnya Presiden Jokowi mulai terpilih sebagai Presiden parta tahun 2014 yang lalu. Mantan Walikota Solo dan Gubernur Jakarta, memilih untuk menempati kamar tersebut begitu pindah ke Istana Merdeka sekaligus menepis mitos keangkeran kamar ini. Jokowi bahkan berani untuk menggunakan ranjang kuno yang terletak di kamar tersebut dan mengaku sama sekali tak pernah mendapatkan gangguan apapun selama tidur di kamar tersebut.

Pohon Ki Hujan yang Kokoh dan Misterius

Selain Kamar Bung Karno, Istana Merdeka masih menyimpan legenda mistis lainnya. Legenda tersebut adalah tentang sebuah pohon tua bernama Ki Hujan. Pohon yang usianya di perkirakan telah mencapai 150 tahun ini, konon sudah ada bahkan sebelum Istana Merdeka di bangun. Pohon berjenis Trambesi ini, berukuran lumayan besar dan konon amat kuat sekaligus angker.

Baca Juga:  Generasi Emas Dipermalukan Maroko di Piala Dunia 2022, Suporter Belgia Menggila

Pada tahun 2012 kekuatan pohon ini terbukti saat ada angin puting beliung besar yang menerjang Istana Merdeka. Akibat angin puting beliung ini hampir seluruh pohon yang ada di Istana tumbang atu rontok. Namun Pohon Ki Hujan justru sebaliknya, meski usianya sudah sangat tua pohon ini dengan ajaib tetap berdiri dengan kokoh dan hanya dedaunanya saja yang rontok tertiup angin.

Misteri Patung Perunggu Istana Bogor

Istana Bogor bisa dibilang sebagai Istana Negara yang paling asri yang dimiliki Indonesia. Selain karena tempatnya yang berada di Kota Bogor yang lumayan sejuk, di Istana ini kita juga bisa melihat puluhan Menjangan yang dengan bebas berkeliaran di sekitar halaman Istana. Namun dibalik keasrianya ini, Istana Bogor ternyata juga menyimpan sebuah misteri tentang Patung Perunggu yang dianggap mistis.

Menurut cerita yang beredar Patung Perunggu yang terletak di Istana Bogor ini bukanlah patung biasa melainkan patung yang menjadi tempat tinggal bagi makhluk halus yang mendiami Istana Bogor. Kisah ini setidaknya bisa dibuktikan dengan adanya berita mistis dari seorang peserta penataran yang melakukan keisengan terhadap patung ini.

Entah dengan maksud apa orang tersebut meletakan bulu dari karpet wol yang ada di Istana tersebut, ke area terlarang dari patung perunggu tersebut. Keanehan kemudian terjadi esok harinya, saat bulu-bulu wol tersebut tiba-tiba ada di saku kantong celana miliknya.

Tak hanya sampai disitu, tak lama kemudia saat dia sarapan keanehan lain muncul saat orang tersebut mendadak tersedak dan mengeluarkan bulu wol dari dalam mulutnya. Hiiii…Serem ya…

Baca Juga:  FESTIK, Kolaborasi Hadirkan Nuansa Digital Di Kota Cirebon

Legenda Hantu di Istana Merdeka

Sudah sejak lama orang mendengar rumor tentang keberadaan makhluk astral yang menjadi penunggu Istana Merdeka. Di Istana ini sering kali muncul kejadian aneh, mulai dari adanya TV yang sering menyala sendiri, hingga pintu-pintu yang kadang tertutup dengan sendirinya, padahal tak ada orang didekatnya.

Di Istana Merdeka juga terdapat legenda tentang keangkeran ruang di lantai empat yang konon sangat menyeramkan hingga petugas kebersihanpun tak berani ada di ruangan ini sendirian.

Kebenaran rumor angkernya Istana Merdeka ini, juga sempat di amini oleh keluarga mendiang mantan Presiden Gus Dur yang mengaku sering mengalami peristiwa mistis. Anak-anak Gus Dur yang kala itu mendiami Istana mengaku sering dijahili oleh makhluk halus yang mendiami Istana Merdeka.

Tapi anenya meski Gus Dur mengetahui hal ini, Dia tak pernah berusaha untuk mengusir makhluk-makhluk astral yang mendiami Istana negara dengan menggelar pengajian atau memanggil pengusir hantu. Gus Dur justru lebih memilih cara yang sederhana, dengan mulai membuka Istana negara agar nisa di kunjungi banyak orang. Setelah banyak orang mulai datang keistana, rumor tentang hanti ini pun mulai menghilang. Wah cara Gus Dur ternyata ampuh juga ya…

Itulah beberapa kejadian aneh yang pernah terjadi di Istana Negara. Dari kisah ini mungkin kita bisa sedikit belajar bahwa dunia yang sekarang kita tempati ini bukanlah milik kita saja, tapi juga ada makhluk-makhluk lain yang juga menempatinya, hanya saja mungkin kita tak bisa melihat dan merasakanya. (Red/by.Ajie)

Sumber: anehdunia.com

Referensi:

http//orangdalam.com/aneh-istana-kepresidenan/3096

http//wikipedia.org

Jabar News | Berita Jawa Barat