Kwaran Malangbong Paling Gemuk Tapi Gak Punya Sekretariat

JABARNEWS I GARUT – Rangkaian Kegiatan HUT ke-57 Pramuka di Kecamatan Malangbong, ditutup dengan upacara di Lapangan Cakrawati, Desa Malangbong, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Selasa (14/8/2018).

Upacara Kwartir Ranting Gerakan Pramuka di Kecamatan Malangbong bertajuk ’Pramuka Perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).’ Sebelumnya, Kwaran Malangbong melakukan renungan malam dan pelantikan pasukan Kibar Bendera di Gedung Desa Malangbong.

Ketua Kwaran Malangbong, Aep Saepudin mengatakan, Malangbong merupakan salah satu kwaran tergemuk di Garut. Yakni, memiliki 24 koordinator desa (korsa) dan ratusan gugusan depan. Kegiatan ini digelar pula di pangkalan Madrasah di bumi perkemahan Cinagara.

Baca Juga:  Tok! Pemerintah Putuskan Diskon Tarif Listrik Berakhir Bulan Ini

Upacara di Cinagara dipimpin Andanlan Cabang Garut, H Ruhian. Pesertanya antara lain anggota majelis pimpinan ranting dan masyarakat. ’’Ini moment yang tepat bagi kita untuk mengevaluasi diri, sehingga Pramuka ke depannya bisa menjadi wadah pembentuk karakter bangsa,” ujar Aep, Selasa (14/08/2018)

Menurut Asep, Pemerintah Kecamatan Malangbong sangat mendukung kegiatan tersebut. ’’Pada prinsipnya Pak Camat  sangat mendukung organisasi Pramuka. Camat selaku ketua Mabiran berharap Pramuka  Malangbong membuat program-program yang briliant,” tuturnya.

Baca Juga:  Pengedar Sabu Asal Yogyakarta Diringkus Polres Metro Bekasi

Aep mengajak seluruh jajaran Kwaran Malangbong, meski dengan berbagai keterbatasan , tapi bukan hambatan untuk melangkah maju dan berkembang. ’’Mari kita meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa ini. Pramuka adalah salah satu perekat Republik Indonesia,”  Katanya.

Namun, Aep memiliki sebuah harapan Kwaran Malangbong bisa memiliki gedung sekretariat sendiri. Sebab, ditunjang dengan satuan yang lengkap, ditambah ratusan gugus depan, namun belum memiliki sekretariat.

’’Mudah-mudahan, lewat momen ini diharapkan semua pihak memperhatikan kami yang ingin memiliki sekretariat,’’ imbuhnya.

Baca Juga:  Objek Wisata Gunung Hayam Cianjur, Cocok Untuk Pecinta Fotografi

Sementara itu, Camat Malangbong Teten Sundara mengatakan, Pramuka merupakan media untuk menyiapkan kader pembangunan yang militan. Kader pramuka merupakan pilar persatuan, pilar kebangsaan, benteng pertahanan atas ancaman disintegrasi dan hal positif lainnya.

’’Atas peran penting Pramuka, maka saya harapkan agar Pramuka terus menempa karakter para kader supaya mereka tumbuh dalam kepribadian yang berbobot. Nantinya, mereka bisa menjadi figur yang potensial dalam meraih cita-cita bangsa,’’ tutur Teten. (Tgr)

Jabarnews I Berita Jawa Barat