Puluhan Warga Maniis Keracunan Makanan Hajatan

JABARNEWS | PURWAKARTA – Diduga alami keracunan usai menyantap hidangan hajatan, 20 warga Kampung Babakan Asem RT13/RW 08 Desa Tegaldatar Kecamatan Maniis Kabupaten Purwakarta dilarikan ke Puskesmas Maniis guna mendapatkan perawatan medis, rata-rata mereka mengalami mual dan pusing.

Dari informasi yang berhasil di himpun jabarnews.com, peristiwa itu terjadi pada Senin (13/8/2018) lalu, saat itu para korban menghadiri acara syukuran/hajatan pernikahan di rumah Tarlim kemudian menyantap hidangan (Nasi, Daging, Mie, Buncis, Wortel) yang telah di sediakan pemilik hajat.

Namun, pada pukul 16.00 Wib Para korban mulai merasakan mual, pusing dan buang air besar secera terus menerus hingga pada pukul 18.30 seluruh korban dilarikan ke Puskesmas setempat.

Baca Juga:  Duh! Puluhan Warga Tangerang Positif Covid-19 Usai Munggahan di Bogor

Saat di konfirmasi melalui telepon pribadinya, Kapolsek Maniis, AKP Agus Yudi, membenarkan adanya peristiwa itu. Ia mengatakan, rata-rata korban keracunan merupakan anak dibawah umur.

“Iya seluruh korban merupakan warga satu kampung diantaranya 6 dewasa 3 anak-anak dan 11 balita ,” ujarnya, Selasa (14/8/2018).

Lanjut dia, dalam peristiwa itu tidak ada korban meninggal dunia. Sebab, seluruh korban cepat mendapatkan perawatan medis bahkan 4 warga sudah dapat perbolehkan pulang.

“Untuk korban yang diperbolehkan pulang yakni Ardan (2,5), M. Iyan Saputra (5), Dila (4) dan Kaila (3),” paparnya.

Baca Juga:  Hanyut di Sungai Sei Berte, Mahasiswi Asal Asahan Ditemukan Tewas

Lanjutnya, untuk penyidikan kasus dugaan keracunan tersebut, pihak kepolisian langsung memintai keterangan sejumlah saksi dan pemilik hajat.

“Selain itu, Kami juga berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Maniis untuk Pengambilan sample muntahan korban, Pengambilan sample makanan yang dihidangkan (nasi, mie, danging, wortel dan buncir) serta tinja para korban untuk dilakukan pengecekan terhadap sample tersebut oleh Puskesmas Maniis ke Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta,” pungkasnya.

Diketahui saat ini, korban yang dirawat tinggal satu orang atas nama Dila (4), menurut Kapolsek, diperkirakan Dila bisa pulang besok, Rabu (15/8/2018) pagi. (Gin)

Berikut, data seluruh korban yang merupakan warga sekitar Kampung Babakan Asem RT 13 RW 08 Desa Tegal Datar Kecamatan Maniis Kabupaten. Purwakarta.

Baca Juga:  Ineu : Program Pelatihan Keterampilan Masyarakat Desa Harus Konsisten

1. SITI, 26 Tahun
2. AYLA, 3 Tahun
3. M.ALWI, 3 Tahun
4. ARDAN, 3 Tahun
5. WAWAN, 15 Tahun
6. M.JEPRI, 3 Tahun
7. BURHAN, 5 Tahun
8. M.JAENAL, 7 Tahun
9. M.IYAN, 5 Tahun
10. ANDRI, 8 Tahun
11. WILDAN, 7 Tahun
12. DEUIS, 18 Tahun
13. FATIMAH, 42 Tahun
14. DILA, 4 Tahun
15. MASRI, 30 Tahun
16. HAMDAN, 9 Tahun
17. ILAH, 25 Tahun
18. KAILA, 3 Tahun
19. HAMDAN, 2,5 Tahun
20. IIS, 11 bulan

Jabar News | Berita Jawa Barat