Hari Pertama Masuk Kerja, Pemkab Purwakarta Gelar Halalbihalal

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Para pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta terlihat berkumpul pagi ini, Senin (03/07/2017), mulai Pukul 06.30 WIB di Gerbang Timur Taman Maya Datar Purwakarta, Jalan Gandanegara No 25. Mereka berjajar rapi hingga sampai perempatan Jalan RE Martadinata.

Suasana hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama libur Idul Fitri ini, dimanfaatkan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi untuk melakukan halalbihalal dengan cara mendatangi dan menyalami satu per satu para pegawai sambil bermaafan.

Tradisi halalbihalal yang pertama kali dicetuskan oleh salah satu pendiri Nahdhatul Ulama, Kiai Wahab Chasbullah itu memang selalu dilaksanakan dengan cara berbeda di Purwakarta.

Baca Juga:  Siswi SMP di Karawang Jadi Korban Pelecehan Seksual, Polisi Buru Pelakunya

Biasanya, para pegawai yang datang untuk bersalaman dengan pejabat. Namun di Purwakarta, sejak beberapa tahun terakhir dilaksanakan dengan cara berbeda yakni pejabat yang mendatangi pegawai.

Efisiensi waktu agar para pegawai langsung menuju meja kerja masing-masing di kantornya menjadi alasan penerapan cara berbeda ini. Hal ini dikemukakan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi usai bersalaman dengan para pegawai di lingkungan pemerintahan yang dia pimpin.

“Setiap tahun selalu begini, kami tidak biasa melakukan resepsi khusus, pejabat berdiri menunggu dihampiri oleh para pegawai, itu memakan waktu,” jelasnya.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta & Ribuan Warga Hadiri Doa Bersama 171717

Acara halalbihalal yang diakhiri dengan sarapan bersama yang menyajikan menu khas Sunda di Taman Pesanggrahan Padjadjaran itu memang berakhir tepat Pukul 07.30 WIB. Sehingga, para pegawai dapat langsung menjalankan tugas pokok dan fungsinya sehari-hari sebagaimana biasa.

“Jam 06.30 WIB sudah siap, sampai Jam 07.00 WIB, jadi Jam 07.30 WIB sudah siap dikantor masing-masing. Ini kami lakukan agar tidak mengganggu jam pelayanan kepada masyarakat. Habis liburan kan biasanya banyak pekerjaan,” katanya menambahkan.

Sanksi tegas diberikan oleh Pemkab Purwakarta bagi pegawai yang bolos kerja di hari pertama masuk kerja ini. Potongan tunjangan sebesar Rp. 500 ribu menjadi ganjaran bagi mereka bulan depan.

Baca Juga:  Sial, Seorang Pria di Serdang Bedagai Terekam CCTV saat Curi Wastafel Puskesmas

“Tunjangannya kita potong Rp. 500 ribu kalau hari ini tidak masuk. Kecuali mereka yang mengambil cuti karena selama libur kemarin harus bertugas di lapangan,” tandasnya.

Canda tawa penuh keakraban mewarnai halalbihalal yang turut dihadiri oleh Wakil Bupati Dadan Koswara dan Sekretaris Daerah Padil Karsoma tersebut. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi tampak melempar canda kepada beberapa pegawai yang ia salami. (Red)

Jabar News | Berita Jawa Barat