Kawah Sileri Gunung Dieng Meletus, Warga Setempat Dimintas Waspada

JABAR NEWS | BANDUNG – Badan Geologi Kementerian ESDM sudah memberikan surat rekomendasi peringatan kepada pemerintah daerah dan BPBD setempat untuk meningkatakan kewasapadaan disekitar Kawah Sileri Gunung Dieng Banjarnegara.

“Kami sudah menyampaikan rekomendasi sejak bulan April lalu kepada pihak pengelola, camat di sekitar kawah gunung Dieng, kepada Bupati dan BPBD setempat untuk disampaikan agar masyarakat/pengunjung tidak mendekati bibir kawah Sileri dalam radius 100 meter,”ujar Kepala Badan Geologi, Ego Syahrial di Bandung, Selasa (04/07/2017).

Baca Juga:  CEK FAKTA: Mohammad Idris Klaim IPG Depok Lebih Tinggi Dari Jabar Dan Nasional

Ego mengungkapkan, hingga saat ini Badan Geologi terus meningkatkan pemantauan di lokasi Kawah Sileri untuk memantau aktivitas Kawah Sileri.

“Kami terus meningkatkan pemantauan di sekitar gunung Dieng dan kawah Sileri dengan menerjunkan personel juga alat- alat pemantau untuk mengantisipasi letusan susulan,” ungkap Ego.

Baca Juga:  Pendaftar Perempuan Pengawas Pemilu di Cianjur Lebihi Kuota 30 Persen

Seperti di diketahui Kawah Sileri meletus pada Minggu 2 Juni 2017 sekitar pukul 12.00 WIB. Letusan terjadi tiba-tiba tanpa ditandai dengan kegempaan. Kawah Sileri merupakan kawah yang masih aktif. Di kawah tersebut pada April dan Mei 2017 telah terjadi juga letupan freatik yang skala kecil.

Baca Juga:  IPNU Purwakarta Siap Menjadi Benteng Pertama Menangkal Pengaruh Negatif Dikalangan Pelajar

Akibat kejadian ini, 12 orang mengalami luka ringan yaitu wisatawan yang yang sedang berwisata di kawasan kawah Sileri pada jarak 20 meter dari bibir kawah. (Nur)

Jabar News | Berita Jawa Barat