Pantau Aktivitas Gunung Api Lewat Aplikasi Magma Indonesia

JABAR NEWS | BANDUNG – Untuk mengantisipasi adanya korban jiwa dalam letusan gunung berapi di Indonesia, Badan Geologi telah meluncurkan aplikasi Magma Indonesia untuk masyarakat agar dapat mengetahui aktivitas gunung api yang ada di Indonesia secara real time.

“Badan Geologi sendiri memiliki aplikasi magma Indonesia yang diperuntukan bagi masyarakat agar dapat melihat dan mendapatkan informasi aktivitas gunung api secara real time,” ujar Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Devy Kamil Syahbana di Auditorium Geologi, Selasa (04/07/2017) .

Baca Juga:  Daripada Bayar Rp5 Juta, Pemilik Kafe di Tasikmalaya Pilih Dibui 3 Hari

Devi mengatakan, aplikasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat baik yang berada di wilayah gunung api ataupun bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke kawasan gunung api.

“Diharapkan aplikasi ini dapat menjembatani pekerjaan Badan Geologi dengan masyarakat, karena informasi yang diberikan dalam aplikasi Magma Indonesia ini bersifat real time jadi dibuka hari ini informasinya hari itu juga,” jelasnya.

Baca Juga:  Guardian Beri Fasilitas Bimbingan Kesehatan Fisik dan Mental di Tengah Covid-19

Aplikasi Magma Indonesia (Foto: Red)

Aplikasi tersebut sudah tersedia di playstore dan dapat didowload oleh masyarakat secara gratis.

“Magma Indonesia ini berbentuk dua yakni web dan aplikasi, untuk web dapat diakses melalui browser di internet dan untuk aplikasi dapat didownload oleh masyarakat secara gratis di playstore,” ungkap Devy.

Baca Juga:  Ya Ampun, Dua Kampung Bentrok Warnai Malam Lebaran Idul Fitri

Aplikasi ini menyajikan informasi dan rekomendasi mengenai kebencanaan geologi, yang mencakup kondisi gunung api, gempa bumi, tsunami, dan gerakan tanah.

“Pelayanan publik yang disajikan Magma Indonesia, di antaranya, adalah kegiatan gunung api, peta kawasan rawan bencana, serta sebaran abu vulkanis dari gunung api yang meletus untuk keselamatan penerbangan,” ungkap Devy. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat