Ujang: Jangan Ada Lagi Puskesmas Kosong Di Kuningan

JABARNEWS | KUNINGAN – Pembinaan UPTD Puskesmas menjadi fokus perhatian Komisi IV DPRD Kabupaten Kuningan. Hal itu mencuat lantaran munculnya masalah pelayanan yang terjadi di UPTD Puskesmas Karangkancana.

’’Kami dari Komisi IV DPRD mengimbau kepada dinas kesehatan agar intens melakukan pembinaan kepada setiap UPTD Puskesmas. Seluruh Kuningan itu ada sebanyak 37 puskesmas. Ini penting agar pelayanan bisa dilakukan secara maksimal,” imbau Ketua Komisi IV DPRD Kuningan H Ujang Kosasih MSi dikutip radarkuningan.com.

Ujang mengapresiasi langkah Bupati H Acep Purnama SH MH yang langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap Puskesmas Karangkancana. Ia mengaku tahu adanya informasi pegawai puskesmas tersebut tidak melayani pasien lantaran menghadiri undangan hajatan, awalnya dari medsos.

Baca Juga:  Oded M Danial Kunjungi Korban Kebakaran yang Mengungsi di Balai Sawala

’’Ada foto tulisan pengumuman, yang isinya kalau nggak salah lagi ke undangan hajat, dan masuk lagi pukul 12.00,” kata Ujang.

Atas hal itu, jajaran Komisi IV DPRD pun langsung turun ke Puskesmas Karangkancana untuk mengonfirmasi masalah yang jadi perbincangan hangat di masyarakat itu.

Berdasarkan keterangan Pj Kepala UPTD Puskesmas Karangkancana yang juga Kepala UPTD Puskesmas Ciwaru, kepergian seluruh pegawai Puskesmas Karangkancana hanya sebentar, itu pun untuk menghadiri salah seorang pegawai yang sedang hajatan.

’’Kami sudah mendapat keterangan dari Pj Kepala UPTD Puskesmas Karangkancana, kronologinya itu pergi ke rekan mereka yang hajat hanya sebentar. Itu juga katanya yang hajat itu masih di Karangkancana, nggak jauh,’’ kata ketua DPC PKB Kuningan ini.

Baca Juga:  Wanita Paruh Baya Diamankan, Diduga Ingin Bakar Balai Kota DKI

Tapi pihaknya juga sudah menekankan kepada Pj Kepala Puskesmas Karangkancana agar kejadian ini tidak terulang sebagaimana yang diharapkan Bupati.

Menurut Ujang, pelayanan kepada masyarakat di puskesmas sangat penting. Itu sebabnya ia mengharapkan agar puskesmas-puskesmas di seluruh Kabupaten Kuningan senantiasa terus meningkatkan pelayanan.

Jangan sampai ada puskesmas seluruh pegawainya pergi hanya untuk menghadiri undangan hajat, sementara warga yang hendak berobat merasa dikecewakan.

’’Ya harusnya kalau mau menghadiri yang hajat, ya gantian lah, jangan semua pergi, puskesmasnya kosong. Ini sangat kami sayangkan. Mudah-mudahan ini yang terakhir,” imbaunya.

Baca Juga:  Gelontorkan Rp 46 Miliar, Mall Pelayanan Publik Cimahi Harus Selesai Tahun Ini

Sebelumnya, Bupati H Acep Purnama SH MH didampingi Kepala Dinkes Kuningan H Raji K Sarji MMKes, melakukan sidak ke UPTD Puskesmas Karangkancana yang sempat ditinggalkan seluruh pegawainya untuk menghadiri undangan.

Bupati pun langsung mengumpulkan seluruh pegawai Puskesmas Karangkancana beserta Pj Kepala UPTD-nya untuk diberikan arahan, agar kejadian tersebut tidak terulang.

Atas arahan orang nomor satu di Kuningan itu, para pegawai Puskesmas Karangkancana pun di hadapan Bupati Acep dan Kadinkes H Raji K Sarji, berjanji untuk tidak mengulangi kembali kesalahan itu. Mereka pun berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang hendak berobat ke puskesmas. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat