Hipertensi Dapat Sebabkan Anda Keguguran, Ini Penjelasannya

JABARNEWS | BANDUNG – Kita ketahui bersama bahwa ada berbagai macam hal yang dapat menyebabkan keguguran janin dan salah satunya yaitu karena tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian baru menemukan bahwa perempuan yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi sebelum hamil berisiko lebih tinggi keguguran. Hal ini menunjukkan kehamilan menjadi salah satu hal yang harus dipersiapkan, terutama kondisi fisik.

Sebuah penelitian dilakukan menggunakan data dari studi pada 1.228 perempuan yang mencoba untuk hamil kembali setelah sebelumnya mengalami keguguran. Dari semua yang diteliti, sebanyak 797 perempuan berhasil hamil kembali. Namun demikian, sebanyak 188 perempuan, atau hampir seperempatnya, mengalami keguguran kembali.

Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti tidak menemukan hubungan antara tekanan darah dan kemampuan untuk mendapatkan kehamilan. Namun demikian, melihat faktor lain seperti merokok, berat badan, status pernikahan, pendidikan, dan sebagainya, peneliti menemukan setiap peningkatan 10 poin diastolik, atau angka bawah pada tekanan darah, risiko keguguran meningkat sebanyak 17 persen.

Baca Juga:  Lukman dan Khofifah Kembali Dipanggil Jaksa KPK

Keguguran memang disebabkan oleh banyak hal. Beberapa karakteristik hipertensi seperti peradangan dan kerusakan pembuluh darah, dapat menjadi faktor penyebab terjadinya keguguran.

Seorang ahli epidemiologi dari National Institutes of Health sekaligus peneliti utama, Carrie J. Nobles, mengungkapkan penelitian yang dilakukannya bersifat observasional dan tidak dapat menunjukkan adanya sebab akibat dari hipertensi dan keguguran. Namun demikian, Nobles mengatakan, selain keguguran, hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga:  Peneliti ITB: Kasus Covid-19 Berakhir pada Pertengahan April

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh, antara lain penyakit jantung, ginjal, stroke, dan keguguran, seperti yang sudah dijelaskan. Menurunkan tekanan darah dapat dilakukan dengan pola makan sehat.

Oleh karena itu, berikut di bawah ini adalah daftar makanan yang dapat Anda konsumsi guna menurunkan tekanan darah, di antaranya yaitu:

  1. Sayuran Hijau

    Sayuran hijau mengandung kalium, yang dapat membantu ginjal menyingkirkan lebih banyak sodium melalui urin. Hal ini dapat membuat tekanan darah Anda menurun. Beberapa sayuran hijau yang dapat Anda konsumsi yaitu selada air, kubis, lobak hijau, sawi, dan bayam.
  2. Susu Skim & Yogurt

    Susu skim dan yogurt merupakan salah satu sumber kalsium dan rendah lemak. Kandungan tersebut merupakan elemen penting dalam menurunkan tekanan darah. Menurut American Heart Association, wanita yang mengonsumsi lima atau lebih porsi yogurt dalam seminggu akan mengalami penurunan risiko hipertensi sebanyak 20 persen.
  3. Oatmeal

    Oatmeal merupakan salah satu makanan berserat tinggi, rendah lemak dan rendah sodium. Hal ini sangat berguna dalam menurunkan berat badan. Oatmeal sangat baik dikonsumsi saat sarapan.

Nah, demikianlah tadi ulasan mengenai perempuan yang memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi sebelum hamil berisiko lebih tinggi keguguran. Semoga ulasan di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Healthline

Jabarnews | Berita Jawa Barat

Baca Juga:  Peringati Hari Sumpah Pemuda, Begini Pesan Kapolres Purwakarta