Kemarau, Pedagang Dan Pemilik Perahu Di Situ Gede Menjerit

JABARNEWS | KOTA TASIKMALAYA – Objek wisata Danau Situ Gede yang terletak di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya mengalami penyusutan volume air.

Surutnya volume air di Situ Gede ini akibat kemarau panjang yang terjadi belakangan ini. Situ Gede tak memiliki sumber air selain dari air hujan.

Baca Juga:  Nama Jessica Iskandar Jadi Trending di Google, Ada Apa?

Menurut Mae (48), salah seorang pemilik warung di kawasan Situ Gede, pendangkalan telah terjadi sejak sekitar dua bulan lalu. Pendangkalan terjadi secara bertahap hingga beberapa titik permukaan danau nampak terlihat.

“Kemarin kalau pas musim hujan airnya bisa lima meter. Sekarang, untuk di tengah danau saja, paling tinggal satu sampai satu setengah meter,” katanya, Senin (20/8/2018).

Baca Juga:  DPRD Jabar Desak Pemerintah Segera Lakukan Penyelamatan UMKM

Dikatakannya, kondisi begitu sangat berpengaruh terhadap perekonomian.

“Biasanya, saat air danau penuh, pengunjung banyak. Kita pun bisa kita dapat penghasilan lumayan. Kalau sekarang mah sepi sekali. Bahkan kita sempat tidak dapat hasil apapun,” jelasnya.

Baca Juga:  Dinkes Sukabumi Selidiki Keracunan Makanan Hajatan

Hal senada dikatakan Maman (51), pemilik perahu di Situ Gede.

“Leuleus sekali Kang. Sekarang mah, usaha juga jadi kurang semangat. Berbeda jika daerah sini tidak kekeringan,” ucapnya. (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat