Kenali 7 Hal Sepele Penanda Tumor Otak Berikut Ini

JABARNEWS | BANDUNG - Tumor otak muncul dalam berbagai ukuran dan bentuk, begitu juga gejalanya.
Menurut salah seorang dokter bedah saraf dari Weill Cornell Brain and Spine Center, Theodore Schwartz, MD mengungkapkan bahwa kunci dari simtom tumor otak bergantung pada lokasinya.
"Sebagai contoh, jika Anda memiliki tumor dekat bagian otak yang mengontrol tangan atau penglihatan, maka simtom yang akan muncul adalah tungkai melemah atau pandangan kabur," ujar Schwartz.
Ketika kita membayangkan bahwa setiap sel di otak bisa membentuk tumor dan otak mengontrol lalu menerjemahkan informasi dari seluruh bagian tubuh, maka daftar gejala tumor otak bisa jadi apa saja.
Namun, beberapa gejala dan simton ada yang lebih umum dibanding yang lain. Berikut di bawah ini adalah beberapa gejala tumor otak yang wajib Anda waspadai, di antaranya:

  1. Kejang
    Apapun tipe tumormu, kejang seringnya adalah tanda bahaya yang pertama. "Iritasi akibat tumor membuat saraf otak menyala tak terkontrol. Dan Anda akan mendapatkan gerakan yang abnormal," ujar Schwartz. Seperti tumor otak, kejang juga bisa muncul dalam banyak rupa. Anda bisa mengalami kejang seluruh tubuh, atau hanya pada satu bagian tubuh atau wajah.

  2. Kecerobohan
    Jika Anda jadi sering tersandung, menjatuhkan barang, atau susah memasukkan kunci ke lubangnya, hal ini bisa jadi tanda bahaya, jelas Schwartz.
    Kesulitan berbicara, menelan, atau mengontrol ekspresi wajah juga adalah bentuk kecerobohan yang bisa disebabkan oleh munculnya tumor di otak.

  3. Mual
    Merasa mual atau sakit perut, terutama jika simtom ini terjadi terus-menerus dan tanpa alasan, bisa jadi tanda tumor, ujar Schwartz.

 	
  • Mati Rasa
    Jika ada area di tubuh atau wajah yang tiba-tiba mati rasa, hal ini juga perlu diwaspadai, lanjut Schwartz. Terutama jika tumor terbentuk pada batang otak, tempat otak terhubung dengan tulang belakang. Hal ini bisa menyebabkan Anda mati rasa atau membuat gerakanmu jadi tak terkontrol sehingga terkesan ceroboh.

  • Perubahan Memori Atau Pikiran
    Walaupun memang benar tumor otak bisa mengubah perilaku atau kepribadian seseorang, perubahan secara drastis seperti yang sering digambarkan dalam film jarang terjadi, jelas Schwartz. Orang yang memiliki tumor cenderung jadi memiliki masalah pada ingatan, merasa bingung, atau mengalami masalah pikiran lain yang tak terlalu dramatis, tambahnya.

  • Perubahan Penglihatan
    Pandangan kabur, pandangan ganda (melihat benda-benda jadi seperti ada dua atau lebih), dan kehilangan penglihatan juga dihubungankan dengan tumor otak. Anda juga bisa melihat bintik-bintik melayang atau bentuk tertentu yang biasa dikenal sebagai "aura" dalam penglihatanmu.

  • Sakit Kepala Yang Tidak Biasa
    Walaupun banyak orang yang percaya, sakit kepala seringnya bukanlah indikasi tumor. "Mereka bisa muncul bersama tumor yang sangat bexar, namun biasanya sakit kepala bukanlah gejala awal," ujar Schwartz.


  • Demikianlah tadi 7 hal sepele yang bisa menjadi tanda tumor otak yang mungkin belum Anda ketahui selama ini. Semoga informasi di atas dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)
    Sumber artikel ini diambil dari Prevention
    Jabarnews | Berita Jawa Barat
    Tags :
    teu baleg

    berita terkait