Ari Maulana: Pada Level Pamen, Kemampuan Seorang Perwira Harus Lebih Ditingkatkan

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Komandan Kodim (Dandim) 0619 Purwakarta Letkol Inf Ari Maulana mengatakan, pada saat seorang perwira berada diposisi Perwira Menengah (Pamen), yang bersangkutan artinya sudah masuk dalam level Midel Leadership. Artinya kemampuan seorang Perwira harus ditingkatkan lagi.

Hal tersebut Ari tujukan kepada salah satu anggotanya yang mendapatkan promosi jabatan dan bertugas di tempat yang baru yaitu Kapten Arm Kasudiono yang sebelumnya menjabat sebagai Danramil Campaka.

Ari juga mengucapkan selamat kepada Kapten Arm Kasudiono atas penghargaan yang diraih yaitu promosi jabatan sekaligus promosi jenjang kepangkatan dan golongan yang lebih tinggi. Jaga amanah tersebut dengan baik sebagai wujud kecintaan kepada TNI.

“Untuk Kapten Arm Kasudiono beserta istri bahwa kepercayaan yang diberikan dari pimpinan TNI, sekarang berada pada level Pamen dan pada level itu sudah berada pada Midel Leadership, artinya kemampuan seorang perwira harus lebih ditingkatkan lagi,” tutur Ari

saat acara Sertijab beberapa Perwira Danramil dan Perwira Staf di jajaran Kodim 0619 Purwakarta kemarin, Jum’at (07/07/2017).

Baca Juga:  Simak, Ini Empat Strategi Khusus untuk Tekan PMK

Ari menjelaskan, pada level sebelumnya yaitu Perwira Pertama (Pama), sebagian besar bsrtugas melaksanakan saja perintah-perintah dari pengatur atas dan pada level Midel Leadership yaitu di posisi Pamen sudah sangat dituntut seorang Perwira harus mempunyai konsep-konsep dalam memajukan kesatuannya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kapten Arm Kasudiono beserta istri atas dedikasi, kerja keras dan pengorbanan yang telah diberikan selama bertugas di Kodim 0619 Purwakarta selama kurang lebih 9 tahun,” ucap Ari.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kebhinekaan Makodim 0619 Purwakarta tersebut, kepada pejabat baru, baik Danramil maupun Perwira Staf beserta istri, Ari juga mengucapkan selamat atas kepercayaan tugas yang diberikan pimpinan.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Pemerintah Pasok 15 Juta Vaksin Setiap Bulan ke Jabar

Ari berpesan segera menyesuaikan diri, laksanakan kemampuan teritorial yaitu Komunikasi, Integrasi, Sinkronisasi & Simplikasi (KISS) dengan berbagai elemen masyarakat dan pemerintah terkait lainnya diwilayah Kabupaten Purwakarta guna kelancaran tugas tanggung jawab.

“Tingkatkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa dan keharmonisan sosial serta memperkokoh Kemanunggalan TNI dengan rakyat yang merupakan salah satu tugas pokok aparat Komando Wilayah (Kowil),” ucapnya.

Ari mengungkapkan, sehebat apapun kemampuan aparat Kowil, tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat tidak ada artinya. Sebaiknya kesadaran makin tumbuh dengan baik maka kehidupan yang kondusif dengan sendirinya dapat diwujudkan.

“Oleh karena itu setiap prajurit baik PNS harus memiliki kepedulian dan kesadaran untuk selalu berbuat terbaik untuk masyarakat. Dengan cara ini keberadaan aparat Kowil akan diterima dan dicintai masyarakat,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ternyata, Tiga Jenis Burung Kecil Ini Cocok Untuk Diternak

Ari mengungkapkan, dalam organisasi militer, serah terima jabatan merupakan hal biasa dan lazim terjadi dengan kurun waktu tertentu seiring dengan bidnag tugas yang dihadapi.

Serah terima jabatan juga merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari pembinaan organisasi dan personil

“Dengan pergantian pejabat diharapkan kinerja organisasi lebih maksimal guna memperoleh hasil yang optimal dalam melaksanakan tugas pokok,” ungkapnya.

Sebagai penutup sambutannya, Ari menambahkan, esensi dari alih tugas suatu jabatan disemua tingkatan hendaknya dimaknai menjadi suatu amanah yang harus dipertanggungjawabkan sekaligus sebagai peluang untuk menghasilkan karya pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat