Kota Bandung Pembuka Rangkaian Festival Pesona Lokal

JABARNEWS | BANDUNG – Adira Finance Hadirkan Keberagaman Budaya dan Kearifan Lokal Jawa Barat Bandung, Minggu (02/9/ 2018) – Pada hari ini, bertempat di Gedung Sate Bandung, Festival Pesona Lokal digelar untuk pertama kalinya. Kota Bandung menjadi pembuka rangkaian kegiatan Festival Pesona Lokal yang akan dilakukan di 9 kota besar di Indonesia.

Festival Pesona Lokal merupakan program CSR bersama Adira Finance, Kementerian Pariwisata

(Pesona Indonesia) dan iNews yang didukung oleh Adira Insurance. Kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah ini, diselenggarakan dalam rangka HUT Adira Finance yang ke-28 Tahun.

Kegiatan Festival Pesona Lokal akan

diselenggarakan di Bandung, Solo, Bali, Makassar, Medan, Pontianak, Malang, Palembang, dan Jakarta mulai dari September hingga November 2018.Dihadiri dan dibuka oleh Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli, PJS Gubernur Jawa Barat Komjen.

Pol M. Iriawan dan juga Walikota Bandung Ridwan Kamil, kegiatan Festival Pesona Lokal

Bandung berlangsung dari pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat diikuti sekitar 5000 peserta yang terdiri dari ekosistem Adira Finance (karyawan, dealer, agen, dan mitra bisnis), komunitas, pelajar, dan masyarakat umum.

“Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat Jawa Barat khususnya Kota Bandung atas sambutan hangat dan partisipasinya pada kegiatan hari ini. Semoga kegembiraan dan keseruan yang ditunjukan masyarakat Bandung juga terjadi di kota-kota selanjutnya, tidak lupa kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah setempat dan para sponsor yang telah membantu terselenggaranya kegiatan Festival Pesona Lokal dengan baik, aman dan tertib,” ujarBapak Hafid Hadeli selaku Direktur Utama Adira Finance.

Baca Juga:  Panwaslu: Jum'at Depan Putusan Sengketa Paslon Rustandie-Dikdik

Festival Pesona Lokal akan dimulai dengan acara parade Karnaval Budaya yang para pesertanyaakan menampilkan berbagai kearifan lokal mulai dari parade pakaian adat dan musik tradisional hingga seni pertunjukkan khas budaya Jawa Barat seperti Sisinggaan, Kuda Renggong dan banyak

lagi.

Selain Karnaval Budaya, Lomba Mural dengan tema Pesona Kotaku dan Lomba Kreasi Masakan Khas Daerah dengan tema Seblak juga akan meramaikan Festival Pesona Lokal Bandung.

Selain itu, akan diberikan penghargaan bagi tiga UMKM terbaik yang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai jutaan rupiah.

Di Festival Pesona

Lokal Bandung, para pengunjung juga akan disuguhkan dengan pasar rakyat

yang dimeriahkan oleh booth-booth dari para sponsor, 16 UMKM terpilih dengan berbagai produk kuliner sampai kerajinan khas Jawa Barat yang inovatif dan kreatif, serta pilihan makanan dari 8 food

truck.

Baca Juga:  Bela Palestina, Ribuan Warga Cimahi Gelar Aksi Turun ke Jalan

Hadiah senilai total ratusan juta rupiah menanti para pemenang lomba di ajang Festival Pesona

Lokal. Pemenang Lomba Karnaval Budaya akan mendapatkan: Juara 1 Rp. 15.000.000,- , juara 2

Rp. 10.000.000,- , dan juara 3 Rp.6.000.000,-. Pemenang Lomba Mural akan mendapatkan juara 1 uang tunai Rp. 10.000.000,-, juara 2 Rp. 7.000.000,- , dan juara 3 Rp. 5.000.000,-. Untuk para pemenang Lomba UMKM masing-masing akan mendapatkan uang tunai sejumlah ; juara 1 uang tunai Rp. 10.000.000,- , juara 2 Rp. 7.000.000,- , juara 3 Rp. 5.000.000,-.

Sementara untuk para Lomba Kreasi masakan akan menerima uang tunai sejumlah ; juara 1 uang tunai Rp. 7.000.000,- , juara 2 Rp. 5.000.000,-, juara 3 Rp. 3.000.000,-.Festival Pesona Lokal turut mengadakan penghargaan khusus antar sekolah (SMP/SMA/SMK/Sederajat) yang mengikuti Karnaval Budaya, dimana tiga sekolah terbaik akan mendapatkan uang tunai Rp. 7.000.000,- , juara 2 Rp. 5.000.000,- , juara 3 Rp. 3.000.000,-.

Selain itu, kegiatan Festival Pesona Lokal Bandung juga dimeriahkan oleh penampilan artis ibu kota Zaskia Gotik dan sejumlah artis lokal.

Penghargaan kepada Kota Paling Mempesona juga turut akan diberikan kepada kota yang paling baik menampilkan pesona lokal daerah serta partisipasi masyarakat dan penyelenggaraan kegiatan Festival Pesona Lokal di kota tersebut.

Baca Juga:  Kasus Harian Covid-19 di Kota Tasikmalaya Masih Tinggi, Ada 1.500 yang Kontak Erat

Festival Pesona Lokal didukung oleh berbagai pihak diantaranya sponsor utama, PT. Asuransi Adira Dinamika dan sponsor lainnya seperti PT Coca Cola Amatil Indonesia, PT. Astra Honda Motor, PT. SMARTFREN Telecom Tbk, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, PT. Triangle Motorindo (VIAR), PT. Asuransi Sinar Mas, Asuransi Raksa Pratikara, Unilever-Wall’s, PT. Massindo Internasional, PT. Suzuki Indomobil Sales, PT Mayora Indah Tbk, PT Artajasa Pembayaran Elektronis, dan PT. Asuransi Jiwa Manulife.

Seluruh peserta akan mendapatkan perlindungan kecelakan diri dari Adira Insurance selama acara berlangsung serta mendapatkan produk Frestea, Ades, sachet Torabika Kopi Susu, sachet Expreso, sachet Beng-beng Drink, Energen dan eskrim Wall’s serta staterpack SMARTFREN secara gratis.

“Semoga kegiatan Festival Pesona Lokal Bandung siang hari ini dapat menjadi sebuah acara tahunan yang ikonik di Jawa Barat yang dapat menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara, kami harap acara ini berkesan baik bagi pengunjung maupun seluruh peserta yang ikut meramaikan. Dengan adanya Festival Pesona Lokal diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat akan potensi daerahnya dan juga berperan aktif untuk turut serta mempromosikannya,” tutup Hafid. (Mil)

Jabarnews | Berita Jawa Barat