Kolam Retensi Sirnaraga Selesai Desember 2018

JABARNEWS | BANDUNG – Antisipasi banjir di kawasan Pasteur dan Pagarsih khususnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung membangun kolam retensi di Sirnaraga.

Kolam seluas 6.491,52 meter persegi ini dirancang untuk mampu menampung 19.474 meter kubik air , akan selesai pada Desember 2018.

“Jadi saat sungai Citepus meluap, airnya ditampung di kolam retensi Sirnaraga,” kata Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

Pembangunan kolam retensi Sirnaraga akan selesai pada Desember 2018 mendatang. Kolam retensi Sirnaraga merupakan salah satu dari dua kolam retensi yang bakal dibangun Pemkot Bandung.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Bandung, Arief Prasetya mengungkapkan, kolam retensi Sirnaraga akan menampung air dari kawasan Pasteur. Jika terjadi hujan, kolam tersebut akan dibuka untuk menampung air. Setelah hujan selesai, maka air bisa disalurkan kembali.

“Saat kering, kolam ini bisa digunakan untuk fasilitas olah raga seperti futsal atau bola voli. Jika masih ada airnya, bisa digunakan sebagai kolam pemancingan,” kata Arief.

Arief mengatakan, pembangunan kolam retensi Sirnaraga menggunakan lahan milik Pemkot Bandung. Pembangunannya memerlukan anggaran sebesar Rp5,45 miliar.

“Ini merupakan kolam retensi tahap I. Sedangkan tahap II akan dibangun di Pagarsih,” ungkap Arief.

Untuk tahap II, Arief belum menyebut kebutuhan anggaran secara detail. Namun ia memastikan, kolam retensi tahap II membutuhkan anggaran yang lebih besar dibandingkan kolam retensi Sirnaraga.

“Saya belum menghitungnya. Tetapi mungkin bisa dua kali lipat. Karena meski lahannya milik Pemkot Bandung, tetapi ada yang menempati. Sedangkan lahan di Sirnaraga merupakan lahan kosong milik Pemkot Bandung,” jelasnya.  (Vie)

Baca Juga:  Sempat Dikira Waria, Polisi Sebut Mayat Mengambang di Kolam Galian Sergai Perempuan

Jabarnews | Berita Jawa Barat