aqua

Ziarah Ke Makam Syaikh Quro: Menyerap Keteladanan Tokoh Karawang

BEBERAPA waktu yang lalu, saya bersama kawan-kawan melakukan ziarah pada makam Waliyyullah Syaikh Quro, yang dikenal pula dengan nama Qurotul Ain atau Syaikh Hasanudin atau Syaikh Mursahadatillah.

Dalam sejarah disebutkan bahwa Beliau termasuk ulama yang menyebarkan agama Islam di Tatar Sunda. Jika sebelah timur Tatar Sunda penyebaran Islam dikenalkan oleh Sunan Gunung Djati, sedangkan arah barat di antaranya oleh Syaikh Quro.



Banyak cerita atau legenda tentang proses masuknya agama Islam ke masyarakat Karawang. Tentu ada unsur mitos dan fakta sejarah dalam rangkaian cerita yang berkembang dan tersebar di tengah masyarakat tentang sosok Syaikh Quro. Namun, secara historis artefak berupa makam Syaikh Quro menjadi bukti keberadaan tokoh Islam yang berjasa dalam Islamisasi di Karawang, Jawa Barat.

Dalam sejarah diceritakan Syaikh Quro ini ahli qiroat, yaitu seorang ulama yang fasih dan indah dalam melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran, sehingga populer dijuluki Syaikh Quro. Kabarnya Beliau ini dari Champa dan tiba di Karawang, tepatnya daerah pelabuhan Pura Dalem. Syaikh Quro tinggal dan berkeluarga serta saat meninggal dunia dikuburkan di Pulobata, Karawang.

Alhamdulillah, saya merasa senang bisa berkunjung ke lokasi makam sekaligus bertemu dengan pengelola makam dan pimpinan majelis Syaikh Quro. Banyak cerita dan hikmah yang saya dapatkan dari pertemuan dengan mereka, di antaranya Haji Leo dan Ustad Jojo (Abah Anom).
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi