Ingat, 16-20 September Pembukaan CPNS 2018

JABARNEWS | JAKARTA – Anda yang minat pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018, harap diingat. Pemerintah berrencan membuka pendaftaran sekitar tanggal 16 hingga 20 September.

Calon pelamar CPNS 2018 diharuskan mendaftar pada satu instansi pemerintah dan satu formasi jabatan. Setelah melengkapi syarat tersebut, maka panitia akan memberikan nomor peserta ujian online.

Dikutip detiknews.com, pelamar bisa mendaftar melalui situs online yang dikelola Badan Kepegawaian Negara, yakni sscn.bkn.go.id. Kemudian, calon peserta mesti melengkapi syarat dari kementerian yang dipilih.

Baca Juga:  Wakil Ketua TP PKK Jabar: Perempuan Punya Peran Penting dalam Pembangunan

“Daftarnya online, kemudian pilihannya mana. Misalnya milih ke Kemenpan masuk ke webnya Kemenpan, dari Kemenpan keluar syarat-syaratnya, kemudian mereka masukan pendaftaran tersebut. Kalau memang dari hasil panitia ok, berarti mereka siap dapat nomor peserta,” jelas Deputi SDM Kementerian PAN RB, Setiawan Wangsaatmaja, usai konferensi pers di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Baca Juga:  Usai Terima Banyak Kritikan, Jokowi Batalkan Investasi Miras

Kemudian, kata Setiawan, peserta tes akan melakukan tes sebanyak dua tahapan lagi. Tes pertama adalah seleksi kompetensi dasar melalui sistem computer assisted tes (CAT) yang terdiri dari tiga sub tes, intelegensi umum, karakteristik pribadi dan wawasan kebangsaan.

Setelah dinyatakan lulus dari tes tersebut peserta lanjut ke tes kedua atau terakhir, yakni wawancara.

Baca Juga:  Ketua DPD Partai Hanura Jabar R Fitrun Fitriansyah Dicopot

“Lolos dari sana, maksimum tiga kali dari formasinya, jadi misalnya formasi yang dilamar itu misalnya lima, ya yang diterima maksimal 15. Lalu wawancara sesuai kebutuhan jabatan tersebut,” tutup dia.

Untuk informasi, pemerintah akan membuka 238.015 formasi baik untuk instansi pusat dan instansi daerah. Pembukaan pendaftaran akan dilakukan antara tanggal 16 sampai 20 September 2018. (Vie)

Jabarnews | Berita Jawa Barat