Hindari Pemakaian Obat Tetes Mata Pada Ibu Hamil, Ini Alasannya

JABARNEWS | BANDUNG – Tak sedikit ibu hamil mengeluhkan mata kering karena meningkatnya reaksi imun akibat hormon kehamilan. Masa kehamilan pun ternyata dapat membuat Anda lebih rentan terhadap dehidrasi, yang salah satu tandanya adalah sensasi kering dan kesat pada mata. Lalu apakah aman jika ibu hamil memakai obat tetes mata?

Perlu Anda ketahui bahwa gangguan mata kering tidak boleh disepelekan, karena gangguan ini mudah membuat mata semakin teriritasi dan akhirnya memerah. Di sisi lain, wajar bila Anda mempertanyakaan keamanan obat-obatan selama kehamilan. Namun bukan hanya obat oral (minum) yang harus Anda pastikan keamanannya, juga obat-obatan topikal.

Baca Juga:  Inilah Tanda Dimana Kalian Mesti Jeda Sebentar Dari Media Sosial  

Obat topikal adalah obat yang diberikan di luar tubuh, misalnya pada mata, kulit, hidung, atau telinga. Nah, obat tetes mata adalah golongan obat topikal yang sering dipertanyakan keamanannya untuk ibu hamil.

Obat tetes mata yang mengandung tetrahydrozoline HCL biasa dijual bebas dan dipakai oleh banyak orang untuk mengobati mata kering. Tetrahydrozoline HCL bekerja memengaruhi sistem saraf pusat untuk menyempitkan pembuluh darah di mata, sehingga mengurangi gejala mata merah. Namun sayangnya obat tetes mata ini tidak boleh sembarangan digunakan oleh ibu hamil.

Baca Juga:  PPKM Level 3, PKL di Garut Bisa Kembali Jualan di Pinggir Trotoar Jalan Perkotaan

FDA selaku badan POM di Amerika Serikat belum memastikan keamanan penggunaan obat tetes mata yang mengandung tetrahydrozoline HCL untuk ibu hamil. Imbauan ini turut didukung oleh seorang dokter mata dari University of San Francisco, Andrew G. Iwachof.

Menurutnya, dosis kecil dari bahan aktif dalam obat tetes mata bisa diserap masuk ke dalam tubuh yang ditakutkan dapat berpengaruh pada janin dalam kandungan. Terlebih bila obat tetes mata tersebut digunakan dalam jumlah banyak dan berkepanjangan.

Baca Juga:  Kapolri : Rutan Salemba Bukan Untuk Teroris

Demikianlah tadi sedikit informasi yang dapat kami berikan. Sebenarnya belum ada bukti ilmiah nyata yang dapat membuktikan bahwa obat tetes mata bisa membahayakan janin. Namun, tetap tidak ada salahnya untuk selalu bertanya pada dokter sebelum menggunakan obat tetes mata untuk ibu hamil. Dokter biasanya akan memberikan pilihan yang lebih aman untuk mengobati masalah mata Anda. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Drugs

Jabarnews | Berita Jawa Barat