Erick Thohir Masuk, Petahana Bisa Bernafas Lega

JABARNEWS | JAKARTA – Pengamat politik Hendri Satrio mengatakan keputusan pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin menunjuk Erick Thohir menjadi ketua tim kampanye nasional (TKN) cukup mengagetkan.

’’Sebetulmya cukup mengagetkan. Dia sudah menjadi tokoh setelah sukses di Asian Games 2018. Harusnya dia bisa menempatkan dirinya tidak berpihak ke mana-mana. Berpihak untuk Indonesia saja. Tadinya dia tokoh nasional sekarang tokoh berkubu,” ucap Hendri.

Baca Juga:  Polres Asahan Gelar Vaksinasi Massal Dosis Pertama Tahap 3

Hal mengagetkan lainnya yakni lantaran latar belakang presiden Inter Milan sebagai pebisnis andal. Menurut pengajar di Universitas Paramadina ini, jarang ada pengusaha mengorbankan bisnisnya kemudian masuk ke politik apalagi sebagai ketua tim sukses.

Namun, menurut Hendri, Erick Thohir memang orang yang tepat buat Jokowi. Timnya semakin kuat. Selama ini tim petahana belum berhasil menciptakan irama permainan sendiri dan justru ikut-ikutan penantang. Contohnya, oposisi bikin tagar dia bikin tagar, oposisi bikin lagu mereka juga buat lagu.

Baca Juga:  Pria Paruh Baya Dibacok Keponakannya

’’Dengan bergabungnya Erick Tohir maka menjadi lebih kuat. Selama ini mereka bingung bagaimana menghadapi pemilih milenial, karena sudah terlanjur memilih Ma’ruf Amin. Nah, Erick kemungkinan bisa menghadirkan strategi-strategi alternatif,” kata Hendri.

Baca Juga:  Stan Dispangtan Kota Bandung Raih Juara Nasional Indonesia Agrofood Expo 2019

Pendiri lembaga KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) ini menambahkan, Erick punya tantangan tersendiri dengan memutuskan terjun ke politik.

’’Cuma tantangan Erick Thohir ya itu, bagaimana memainkan peran komunikasi politik dengan sekjen-sekjen partai, dan ketua-ketua parpol,” pungkas Hendri. (Abh)

Jabarnews | Berita Jawa Barat