Penjabat Bupati Purwakarta: Sambut Tahun Baru Islam Dengan Semangat Hijrah

JABARNEWS | PURWAKARTA – Tahun Baru 1440 Hijriyah, Penjabat Bupati Purwakarta, Mohammad Taufiq Budi Santoso mengajak umat Islam di Purwakarta untuk mengaktualisasikan nilai dan semangat hijrah guna meningkatkan seluruh aspek kehidupan manusia. Hal ini salah satu esensi yang harus dipetik dari semangat pergantian Tahun.

“Momen perayaan Tahun Baru 1440 Hijriyah, agar kita dapat bermuhasabah atau evaluasi diri, baik individu maupun bersama-sama. Tak hanya itu, kita pun berharap senantiasa diberkati, dirahmati dan diridloi Allah SWT,” ujar Taufiq, saat ditemui di Komplek Kantor Pemkab Purwakarta (11/9/2018).

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Capricorn, Aquarius dan Pisces: Rumput Tetangga Memang Lebih Hujau

Ia menjelaskan, sejarah Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriyah sendiri diawali dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Sedangkan bagi umat Islam sesudah nabi, peringatan ini merupakan momen untuk hijrah dengan melakukan perubahan menjadi pribadi yang lebih baik.

“Hijrah yang kita jalani di sini, adalah hijrah nafsiah dan hijratul amaliyah, yaitu perpindahan dari kufur menuju iman, peningkatan mutu diri dari segi spiritual dan intelektual, serta meningkatkan semangat dan kesungguhan dalam beribadah kepada Allah SWT. Islam telah mengingatkan agar hari-hari yang kita lewati selalu menjadi lebih baik dari hari sebelumnya,” kata Taufiq.

Baca Juga:  Ini Nyata, Manusia Bertangan Pisau Ada Di Italia

Sebagai seorang Muslim yang baik, kata Penjabat Bupati, sudah sepatutnya kita melakukan apa yang sudah diajarkan agama kepadanya. Dalam Islam, seorang muslim diajarkan merayakan pergantian tahun baru dengan cara yang baik dan benar, dengan mengisi momen itu dengan banyak berdo’a dan berzikir kepada Allah SWT.

Baca Juga:  Pemkab Purwakarta Tertibkan Pedagang yang Berjualan di Trotoar dan Badan Jalan

“Alangkah bijaknya ketika kita sebagai umat Islam, tetap memegang teguh ajaran keislaman dengan baik dan benar tanpa harus ikut-ikutan melakukan yang seharusnya tidak kita lakukan. Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharam, 1440 Hijriyah semoga Purwakarta lebih baik dan lebih sejahtera dibandingkan tahun lalu,” pungkasnya. (Gin)

Jabar News | Berita Jawa Barat