bjb

Surat Anggie Defiana Rahayu, Pemuda Pemudi Purwakarta Siap Bantu Ambu!

Assalamualaikum Ambu, salam hangat dan sejahtera bagi rakyat Purwakarta. Sebelumnya selamat untuk ibu Anne Ratna Mustika yang sering disapa Ambu telah terpilih menjadi Bupati Purwakarta Periode 2018- 2023.

Perkenalkan nama saya Anggie Defiana Rahayu, sebelumnya saya sangat - sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah kreatif menyelenggarakan Lomba Menulis surat untuk Ambu Anne Ratna Mustika, adanya kegiatan ini bisa menjadi kesempatan terbesar masyarakat Purwakarta untuk berlomba-lomba menyampaikan kesan ataupun pesan yang selama ini masyarakat rasakan.

Jujur ambu, saya sangat kagum ketika ada pemimpin perempuan yang bisa menjadi Bupati Purwakarta, ini sebuah kesempatan emas untuk kaum perempuan agar bisa mencontoh menjadi pemimpin perempuan Purwakarta selanjutnya.

Ambu, saya begitu senang ketika ada surat terbuka ini. Ada harapan-harapan yang semoga Ambu Anne bisa merealisasikan semua harapan untuk Purwakarta menjadi lebih baik, terlebih ketika kita membicarakan tentang masyarakat. Begitu banyak kemajuan dan beberapa yang harus diperbaiki atau diubah untuk melanjutkan Purwakarta Istimewa.

Ada beberapa catatan untuk Purwakarta, mungkin sudah dijelaskan oleh beberapa surat yang sudah menjadi nominasi terpilih dan saya tidak akan menjelaskannya lagi. Tetapi ada beberapa yang membuat saya setuju dengan pendapat teman - teman yang sudah bersikeras untuk menguraikan harapan mereka seperti pada surat - surat yang membicarakan tentang melanjutkan Purwakarta Istimewa, pendidikan, isu gender, mempertahankan sosial budaya dan toleransi untuk semua masyarakat terlebih ketika saya membaca ada yang menjelaskan lebih spesifik untuk kalangan pelajar. Saya sangat setuju dengan pendapat yang ada di surat-surat tersebut.

Tetapi Ambu saya akan memberikan beberapa hal terutama tentang pemuda-pemudi di Purwakarta. Purwakarta mempunyai begitu banyak generasi terbaik untuk bisa menjadikan Purwakarta Istimewa. Mengapa saya dapat berpendapat seperti itu ? karena alhamdulillah, walaupun saya kuliah di Cimahi tidak menutup kemungkinan untuk saya tetap bisa beaktifitas aktif di Purwakarta dan begitupun teman - teman saya yang kuliah di luar Purwakarta yang tetap bisa berkontribusi untuk kemajuan Purwakarta.

Karena bagaimanapun juga Purwakarta tempat kemana saya dan teman teman saya harus pulang. Generasi pemuda Purwakarta saat ini sedang berada pada giroh yang cukup begelora, baik untuk mahasiswa maupun pelajar. Purwakarta mampu mencetak banyak potensi jika pemimpinnya mampu untuk membantu apa yang dibutuhkan oleh pemuda pemudinya. Terlebih untuk mereka yang berkembang diorganisasi dan komunitas.

Saya pernah merasakan apa yang mereka rasakan begitu enak ketika banyak di kalangan pemerintahan yang membantu untuk mempermudah suatu kegiatan dan menurut saya, bukan hanya itu saja Ambu, kami sangat senang ketika mahasiswa selalu dilibatkan dalam mengambil sebuah kebijakan. Kami mahasiswa bukan hanya sebagai pengawas pada pemerintahan saja, tetapi kamipun sebagai jembatan untuk memberikan segala aspirasi masyarakat kepada pemerintah.

Saya seorang mahasiswa Ilmu Pemerintahan yang begitu banyak menimba ilmu tentang pemerintahan, maka saya tak hanya memberi masukan untuk mahasiswa saja tetapi tentang pemerintahan pula.

Ambu, Purwakarta sedang dalam keadaan yang cukup baik. Tapi masih ada beberapa yang harus diperbaiki. Akan saya urut apa saja yang harus diperhatikan oleh Ambu selaku Bupati Purwakarta.

1.Permasalahan birokrasi, yang saya ketahui seharusnya adanya birokrasi untuk mempermudah jalannya sistem bukan untuk mempersulit. Tetapi Ambu, ada beberapa instansi yang tidak begitu ramah dalam melayani masyarakat, dan ada beberapa instansi pula yang tidak menerapkan Prinsip-Prinsip Good and Clean Government.

2.Pemberdayaan masyarakat. Ambu, Saya sangat bermohon untuk memperhatikan dari sisi Sumber Daya Manusia. Karena sebaik apapun sistem jika manusianya masih belum siap untuk menerima maka sistem itu tidak akan berjalan baik-baik saja. Banyak masyarakat desa yang perlu Ambu datangi dan mendengar segala keluh kesah masyarakat yang berada di perdesaan sana. Di sana banyak masyarakat yang harus diberdayakan dan diberikan masukan terutama perihal perekonomian dan kesehatan, karena menurut saya mereka memiliki potensi yang besar untuk kemajuan Purwakarta.

3.Mempertahankan pendidikan berkarakter.

4.Membuat kegiatan Bersikap Toleransi, Melek Politik, Menjaga Sikap Kepada Lingkungan Sekitar, Meningkatkan Perekonomian untuk kehidupan sehari-hari atau apapun itu yang tujuannya untuk memberdayakan masyarakat agar bisa menjadi masyarakat yang sejahtera dan saling menghargai sesama makhluk citpaan Tuhan Yang Maha Esa.

Ketika nanti Ambu tidak mampu untuk melaksanakan semua kegiatan. Jangan Khawatir Ambu. Ambu memiliki pemuda pemudi yang berada di organisasi dan komunitas ataupun mereka yang tidak mengikuti keduanya yang siap untuk membantu Purwakarta untuk menjadi lebih Istimewa. Jadikan Purwakarta Istimewa bukan hanya slogan semata tetapi bukti nyata bahwa Purwakarta memang Istimewa.

Anggie Defiana Rahayu
Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Jenderal Achmad Yani

Tuliskan Suratmu Di Jabarnews. Lomba Menulis Surat Untuk Bupati Anne Ratna Mustika “Tanda Kasih Untuk Purwakarta Istimewa” 1 s/d 22 September 2018

Selengkapnya di https://jabarnews.com/2018/09/jabarnews-gelar-lomba-menulis-surat-untuk-bupati-anne-ratna-mustika-catat-waktunya.html
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi