Dark Chocolate Dapat Tingkatkan Daya Ingat, Ini Buktinya

JABARNEWS | BANDUNG – Kita ketahui bahwa cokelat sering menjadi camilan favorit hampir semua orang dari segala usia. Cokelat memiliki berbagai jenis dan salah satunya adalah dark chocolate atau cokelat hitam. Berbeda dengan cokelat lainnya, dark chocolate memiliki rasa yang pahit, akan tetapi dibalik rasa pahitnta tersebut, ternyata cokelat hitam memiliki segudang manfaat. Manfaat dark chocolate ini ternyata memengaruhi fungsi kognitif otak, termasuk meningkatkan daya ingat serta kemampuan berpikir logis.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa dark chocolate baik untuk kesehatan otak Anda. Penelitian lain menemukan bahwa secara teratur mengonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan daya ingat, kesehatan otak, meningkatkan mood, dan kekebalan tubuh.

Penelitian tersebut menemukan fakta bahwa orang dewasa muda yang mengonsumsi dark chocolate, punya daya ingat jangka pendek yang baik jika dibandingkan dengan orang yang makan cokelat putih biasa.

Sementara itu, cokelat juga baik bagi memori jangka panjang. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang melibatkan orang dewasa berusia 50-69 tahun. Para peserta yang minum suplemen kakao dengan flavanol tinggi selama tiga bulan, punya hasil tes daya ingat yang lebih tinggi daripada orang yang minum suplemen kakao dengan flavanol rendah.

Baca Juga:  Persib Bertemu Persebaya Dalam Perempat Final Piala Menpora, Ini Kata PT LIB

Dalam sebuah penelitian lain menunjukan bahwa dark chocolate dapat meningkatkan fungsi kognitif pada orang tua yang memiliki penurunan fungsi kognitif. Penelitian lainnya juga menunjukan bahwa konsumsi dark chocolate yang tinggi flavanol dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak jadi lebih lancar.

Bukti peningkatan aliran darah otak, kadar oksigen, atau fungsi saraf diukur dengan tes pencitraan atau tes aktivitas listrik di otak setelah konsumsi minuman cokelat hitam. Akan tetapi, karena perubahan ini tidak secara rutin dikaitkan dengan peningkatan kinerja pada tugas-tugas kognitif, sulit untuk menghubungkan hasil langsung ke fungsi otak yang lebih baik.

Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini. Karena penelitian ini tidak dapat menjelaskan banyak variabel lain yang dapat memengaruhi fungsi otak.

Baca Juga:  Lima Jenis Hand Bag Yang Banyak Digunakan Ketika Berpergian

Cokelat hitam atau dark chocolate mengandung zat flavanols yang memiliki sifat sebagai antioksidan. Karena tingginya zat ini, dark chocolate mampu membantu meningkatkan kemampuan kognitif dan daya ingat.

Sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam Frontiers in Nutrition menganalisis bukti hingga saat ini bahwa flavanol dapat bermanfaat bagi fungsi otak manusia. Flavanols adalah bentuk flavonoid, zat nabati yang memiliki efek anti-peradangan dan antioksidan. Cokelat hitam dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan mood Anda.

Ketika Anda mengonsumsi dark chocolate, maka zat flavanols akan terakumulasi di dalam bagian otak yang disebut dengan hippocampus. Hippocampus adalah bagian otak yang berperan dalam pembelajaran dan penyimpanan serta pengolahan memori jangka panjang.

Dalam bagian otak tersebut zat flavanols memainkan perannya sebagai antioksidan dan memaksimalkan kerja saraf, sehingga membantu meningkatkan daya ingat. Banyaknya dark chocolate yang seharusnya dikonsumsi per hari masih banyak diperdebatkan. Banyak penelitian berpendapat bahwa mengonsumsi 500 – 750 miligram (mg) per hari baik untuk kesehatan.

Baca Juga:  Januari - Maret, Polres Ungkap 29 Kasus Narkoba

Dark chocolate memiliki berbagai persentase kakao, yang dapat membingungkan. Saat Anda memilih dark chocolate, pilihlah yang memiliki kandungan kakao setidaknya 65 persen atau lebih tinggi.

Dark chocolate dengan persentase lebih tinggi mengandung konsentrasi antioksidan dan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan cokelat dengan persentase kakao yang lebih rendah.

Semakin tinggi kandungan kakao dalam cokelat, semakin tinggi pula kandungan flavonoidnya. Seratus gram dark chocolate mengandung 46-61 mg catechin yang merupakan salah satu tipe flavonoid.

Demikianlah tadi sedikit ulasan mengenai dark chocolate yang ternyata dapat meningkatkan daya ingat. Semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda. (Fin)

Sumber artikel ini diambil dari Hellosehat

Jabarnews | Berita Jawa Barat